Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tatkala 12,37 Persen Penduduk di Bali Menua

Adanya berbagai permasalahan terutama terkait dengan aspek kesehatan dan ekonomi yang akan berdampak pada kualitas SDM.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 November 2020  |  08:02 WIB
Sejumlah warga melempar ketupat ke arah warga lainnya dalam tadisi perang ketupat pada masa pandemi Covid-19 di Desa Kapal, Badung, Bali Kamis (1/10/2020). Tradisi tahunan yang biasanya melibatkan ratusan warga untuk wujud syukur atas hasil bumi. - Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Sejumlah warga melempar ketupat ke arah warga lainnya dalam tadisi perang ketupat pada masa pandemi Covid-19 di Desa Kapal, Badung, Bali Kamis (1/10/2020). Tradisi tahunan yang biasanya melibatkan ratusan warga untuk wujud syukur atas hasil bumi. - Antara/Nyoman Hendra Wibowo

Bisnis.com, DENPASAR - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Agus P Proklamasi mengatakan bahwa kondisi kesehatan masyarakat Bali yang semakin membaik berdampak pada peningkatan usia harapan hidup sekitar 71,68 tahun sehingga ke depannya Bali akan memasuki era penduduk menua (ageing population).

Selain itu, dengan adanya peningkatan ke arah yang baik untuk sektor ekonomi, sosial dan kesehatan masyarakat di Provinsi Bali juga berdampak terhadap penurunan angka kelahiran.

“Dari 4.292.154 jiwa penduduk Bali, terdapat sekitar 568.380 jiwa penduduk lansia atau sekitar 12,37 persen kemudian kita melihat adanya berbagai permasalahan terutama terkait dengan aspek kesehatan dan ekonomi yang akan berdampak pada kualitas SDM sehingga lansia dapat menjadi salah satu kelompok rentan yang harus menjadi perhatian banyak pihak," jelas Agus dalam keterangan persnya di Denpasar, Selasa (10/11/2020).

Ia mengatakan bahwa keterlibatan lansia sebagai kelompok yang rentan ini juga membutuhkan perhatian khusus. Kata dia, berbagai sektor baik pemerintah maupun LSM telah melakukan upaya untuk menciptakan kehidupan yang layak bagi lansia.

Salah satunya melalui BKKBN melaksanakan program pembangunan keluarga lansia dan rentan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga lansia melalui pendekatan secara mendalam untuk mewujudkan ketahanan keluarga.

Pertemuan yang berlangsung di Kantor BKKBN Provinsi Bali tersebut bertujuan untuk memberikan arahan dalam meningkatkan kualitas hidup lansia melalui sinkronisasi dan koordinasi program kelanjutusiaan bersama mitra kerja.

Untuk materi yang disampaikan yaitu tentang manajemen stres pada pendamping lansia , tujuh dimensi Lansia Tangguh dan Perawatan Dasar Keperawatan Lansia (Acitivity Daily Living/Instrumental Activity Daily Living).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali lansia

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top