Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Libur Panjang, Jumlah Kunjungan Wisman ke Bali Meningkat

Pariwisata Bali berharap banyak dari libur panjang akhir bulan ini setelah menerima kondisi buruk sejak Maret lalu akibat pandemi corona.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  02:28 WIB
Wisatawan menikmati suasana matahari terbenam di Pantai Kuta, Bali, sebelum pandemi corona. - Bisnis/Rachman
Wisatawan menikmati suasana matahari terbenam di Pantai Kuta, Bali, sebelum pandemi corona. - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, DENPASAR – Jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Bali meningkat dari musim libur panjang sebelumnya sebanyak 3.000 orang menjadi 5.000 orang.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawija mengatakan, menjelang libur panjang pada akhir Oktober 2020, kedatangan wisdom telah mencapai 5.000 orang.

Pihaknya berharap pada weekend ini jumlah kunjungan terus meningkat hingga 10.000 orang, sehingga mampu mendongkrak okupansi hotel hingga 10 hingga 11 persen. "Peningkatan ini menandakan pariwisata Bali mulai bergerak maju" tuturnya pada Selasa (27/10/2020).

Menurutnya, untuk tempat wisata yang menjadi tujuan wisdom masih seputaran Kabupaten Badung, dan beberapa lainnya berkunjung ke Kabupaten Gianyar. "Badung dipilih karena wisdom sangat menyukai pantai."

Sementara itu, sambungnya, pada musim libur panjang sebelumnya, dengan jumlah kunjungan 3.000 orang perhari belum dapat mengisi semua kamar hotel di Pulau Dewata yang berjumlah 146.000 kamar. Ditambah dengan adanya dobel okupansi atau berdua, sehingga hanya 1.500 kamar yang diperlukan.

"Dengan 3.500 orang per harinya, ditambah masa tinggalnya yang pendek, tidak berdampak signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian," jelasnya.

Selanjutnya, mengenai protokol kesehatan Covid-19, dia menegaskan bahwa prokes di hotel telah berjalan dengan baik, karena telah melalui verifikasi yang ketat oleh Pemerintah Provinsi Bali dan pemerintah kabupaten/kota.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali pariwisata
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top