Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

12.705 Orang Pekerja Migran Indonesia Asal Bali Telah Kembali

Sebanyak 16.961 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang turun di Bali.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  20:50 WIB
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh yang dipasang di Terminal Penumpang Kapal Pesiar Pelabuhan Benoa, Bali, Minggu (8/3/2020). - Antara/Fikri Yusuf
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh yang dipasang di Terminal Penumpang Kapal Pesiar Pelabuhan Benoa, Bali, Minggu (8/3/2020). - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR - Hingga saat ini sebanyak 16.961 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang turun di Bali dan sebanyak 12.705 orang berasal Pulau Dewata.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan jumlah kedatangan PMI dan juga ABK diperkirakan akan masih terjadi, khususnya di Bali.

"Perubahan akan terjadi pada saat kedatangan mereka, dahulu saat mereka datang dan diambil uji Swab-PCR dan sambil menunggu hasil mereka dikarantina oleh provinsi," katanya dalam rapat evaluasi optimalisasi pengelolaan tempat karantina, Kamis (18/6/2020).

Adapun kondisi saat ini, PMI baru datang lanjut diuji Swab-PCR. Sembari menunggu hasil, mereka dijemput Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota asal mereka.

Jika hasil positif maka tim provinsi akan mengkarantina dan menangani. Sedangkan bagi mereka yang uji swab-PCR nya negatif maka akan menjalani karantina mandiri di rumah mereka masing-masing dengan pengawasan Gugus Tugas kabupaten/kota dan Tim Satgas Gotong Royong berbasis Desa Adat setempat.

"Hal ini mengingat tingkat kesembuhan mereka di karantina cenderung lama akibat jumlah yang semakin banyak, sirkulasi yang semakin lambat dan jumlah fasilitas tempat karantina yang semakin penuh," tambahnya.

Dewa Indra menjelaskan untuk PMI yang pulang tidak melalui Jakarta, atau langsung melalui Bandara Internasional Ngurah Rai dan Cruise Pelabuhan Benoa harus diambil swabnya sekalipun sudah membawa surat sehat bebas Covid-19. Sambil menunggu hasil swab maka mereka harus menjalani karantina.

Sedangkan PMI yang pulang dari Jakarta dan sudah ditangani oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional maka mereka dapat diterima di LPMP yang selanjutnya akan dikirim ke daerah asal kabupaten/kota yang dikawal dan diawasi oleh Tim Satgas Gotong Royong berbasis Desa Adat.

"Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan dan penyebaran kepada orang lain yang juga memiliki peluang besar untuk menjadi pasien positif Covid-19," tuturnya.

Hingga hari ini, jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Bali mencapai 895 orang, sebanyak 553 orang telah dinyatakan sembuh, 6 orang meninggal dunia dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 336 orang di 11 rumah sakit, Bapelkesmas dan BPK Pering.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top