Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Update Covid-19 di Bali: 77 Orang Positif, 57 Orang Sembuh

Pasien positif ini sebagian besar atau didominasi oleh kasus dari luar daerah atau imported case. Untuk transmisi lokal, tercatat sebesar 36 orang.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 24 April 2020  |  17:49 WIB
Layanan online customer service di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. - ANTARA/Dokumentasi Bandara Ngurah Rai
Layanan online customer service di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. - ANTARA/Dokumentasi Bandara Ngurah Rai

Bisnis.com, DENPASAR - Pasien positif Covid-19 di Bali bertambah 10 orang menjadi 177 orang, sedangkan pasien sembuh 57 orang, dengan tambahan 2 orang WNI. Pasien meninggal sejumah 4 orang. 

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bali Dewa Made Indra mengatakan angka positif ini sebagian besar atau didominasi oleh kasus dari luar daerah atau imported case. Untuk transmisi lokal, jelas dia, tercatat sebesar 36 orang.

Data itu, sebut dia, menjukan masih ada masyarakat yang tidak melakukan upaya pencegahan Covid-19, seperti pemakaian masker, mencuci tangan dan physical distancing.

"Untuk itu, dalam menekan kasus transmisi lokal maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam melakukan upaya pencegahan virus corona," katanya melalui siaran pers, Jumat (24/4/2020).

Dewa Indra menjelaskan pihaknya sudah memperketat pengawasan di semua pintu masuk Bali, baik bandara maupun pelabuhan. Pemerintah juga sudah melakukan upaya pencegahan yang sangat ketat terhadap pekerja migran Indonesia atau PMI dan penumpang yang datang dari daerah luar Bali.

Pihaknya menerapkan kebijakan yang sangat ketat untuk pengawasan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Di sana pemeriksaan ketat dilakukan untuk PMI maupun penumpang domestik yang berasal dari daerah terinfeksi, maka dilakukan pengecekan suhu tubuh dan rapid test," tuturnya.

Jika hasil rapid test di bandara menunjukan tanda positif, maka Pemprov Bali akan segera melakukan penanganan sesuai SOP yang berlaku. Sebaliknya, jika hasil rapid test negatif, maka pihak tersebut akan dijemput oleh pemerintah kabupaten/kota untuk dikarantina di tempat yang sudah disiapkan oleh daerah masing-masing. 

Dia menjelaskan, pada masa 8 hari karantina, orang yang negatif ini akan kembali dites swap dan jika hasilnya positif, maka akan diserahkan kembali kepada Pemprov Bali untuk dilakukan langkah perawatan.

Sementara itu, SOP yang sama diterapkan di Pelabuhan Gilimanuk, baik melalui rapid test maupun pengecekan suhu tubuh. Hingga saat ini belum ditemukan kasus positif yang masuk lewat pelabuhan. "Apabila nanti ditemukan kasus positif maka orang tersebut akan dikembalikan ke daerah asalnya."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali Virus Corona
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top