Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

232 Orang WNI Penumpang Kapal Pesiar Voyager Tiba di Pelabuhan Benoa Bali

Pada Kamis (16/4) pagi, Kapal pesiar MV. Voyager of The Seas tiba di Pelabuhan Cruise Benoa Bali dengan membawa 232 Orang WNI yang merupakan pelaku perjanan kapal atau penumpang.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 16 April 2020  |  21:35 WIB
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh yang dipasang di Terminal Penumpang Kapal Pesiar Pelabuhan Benoa, Bali, Minggu (8/3/2020). ANTARA FOTO - Fikri Yusuf
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh yang dipasang di Terminal Penumpang Kapal Pesiar Pelabuhan Benoa, Bali, Minggu (8/3/2020). ANTARA FOTO - Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR - Pada Kamis (16/4) pagi, Kapal pesiar MV. Voyager of The Seas tiba di Pelabuhan Cruise Benoa Bali dengan membawa 232 Orang WNI yang merupakan pelaku perjanan kapal atau penumpang.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan dari 232 orang WNI tersebut, 117 orang berasal dari Bali.

Dia menuturkan, sebelum 232 orang ini turun ke darat telah dilakukan rapid test terlebih dahulu di atas kapal.

"Jika hasil rapid test menunjukkan indikasi positif maka langsung dilakukan tes Swab," katanya melalui siaran pers, Kamis (16/4/2020).

Selanjutnya, Dewa Indra menegaskan para pelaku perjalanan asal Bali yang terindikasi positif langsung dibawa oleh Pemprov Bali untuk dilakukan karantina di Bapelkes dan apabila kondisinya menunjukan gejala COVID-19 maka akan dibawa ke rumah sakit rujukan agar dapat tertangani secara khusus.

"Untuk pelaku perjalanan asal Bali yang rapid testnya negatif, maka akan diserahkan kepada pemerintah kabupaten/kota, untuk dikarantina sesuai sengan prosedur yang telah disiapkan oleh pemda masing-masing," tuturnya.

Sementara itu, bagi para pelaku perjalanan yang berasal dari Luar Bali yang negatif akan dibawa ke Hotel Patra Jasa untuk melakukan karantina, sedangkan yang positif juga akan dibawa ke Hotel Patra Jasa dengan ruangan isolasi khusus yang telah disediakan oleh pihak hotel.

Dia mengatakan, langkah selanjutnya, Gugus Tugas Daerah akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Pusat agar dilakukan penjemputan terhadap pelaku perjalanana luar Bali untuk dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.

Dalam kesempatan itu, Dewa Indra juga meminta kepada masyarakat Bali, untuk tetap waspada tapi tidak melakukan penolakan atas kedatangan para pelaku perjalanan ini.

"Selama masyarakat tidak berkunjung ke sana serta melakukan kontak fisik maka semua akan aman-aman saja," tambahnya.

Dia juga meminta kepada kepala daerah untuk memberikan edukasi terhadap warganya, baik itu terkait karantina, isolasi serta yang lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal pesiar pelabuhan benoa Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top