Malam Tahun Baru, Pantai Kuta Akan Dipadati 5.000 Pengunjung

Sedikitnya 5.000 orang akan memadati pantai Kuta di Bali untuk melewatkan malam pergantian tahun atau menyambut tahun baru 2020 malam ini.
Busrah Ardans
Busrah Ardans - Bisnis.com 31 Desember 2019  |  17:05 WIB
Malam Tahun Baru, Pantai Kuta Akan Dipadati 5.000 Pengunjung
Wisatawan berjalan di pantai Kuta, Bali, Selasa (31/12/2019). Sejak pagi hingga siang tadi. Diperkirakan ada 5.000 orang lebih yang akan memadati Pantai favorit untuk menghabiskan pergantian tahun di pulau dewata tersebut. - Bisnis/Busrah Ardans

Bisnis.com, DENPASAR - Sedikitnya 5.000 orang akan memadati pantai Kuta di Bali untuk melewatkan malam pergantian tahun atau menyambut tahun baru 2020 malam ini.

Ketua Satgas Pantai Kuta Wayan Sirna mengatakan sejak pagi hingga siang hari para pengunjung telah berbondong-bondong mendatangi pantai Kuta. Dia memperkirakan sudah ada 2.000 lebih orang dari pagi hingga siang hari dan semakin padat pengunjung di sore hingga malam tahun baru menyentuh 5.000 orang.

"Jumlah pengunjung sendiri tidak bisa kami prediksi. Karena pintu masuk pantai Kuta banyak. Dari Beachwalk ada pintu masuk, dari Legian juga ada, sekitar 30-an pintu masuk ke Pantai Kuta. Kalau sore sampai malam nanti kami prediksi sampai 5.000-an orang di sepanjang pantai," kata dia kepada Bisnis, Selasa (31/12/2019).

"Kalau hari-hari biasa kan kurang lebih 1.000-an, ini meningkat signifikan. Peningkatan pengunjung sejak tanggal 25 Desember kemarin hingga akhir tahun membludak. Biasanya juga sore hari kita gak bisa prediksi kadang-kadang banyak rombongan yang datang, pakai bis itu," ungkapnya lagi.

Kawasan pantai Kuta yang dalam pengelolaan Sirna dan kawan-kawan berada di sepanjang 4 km dari Airport sampai perbatasan Kuta Legian, Jalan Bendesari.

Untuk kantong-kantong parkir, ujar Sirna, pihaknya menutup semua tempat parkir untuk sementara.

"Malam ini kantong-kantong parkir diberikan ke para pedagang-pedagang kaki lima untuk berjualan. Keramaian di Pantai Kuta jelas sekali. Termasuk para pedagang kaki lima yang sudah menyerbu Pantai Kuta untuk berjualan di malam tahun baru. Tadi sudah kita tata semua agar tidak semrawut penjualannya," ujarnya.

Sedangkan, untuk antisipasi malam nanti, timnya sudah apel pengamanan bersama Kepolisian, Linmas dan Pecalang.

"Jam 17.00 WITA kita sudah kumpul semua di pantai untuk antisipasi pengunjung yang datang menikmati malam tahun baru. Personil kita di Satgas sekitar 40-an ditambah Linmas dan Pecalang jadi sekitar 150 anggota. Itu dari Desa Kuta saja, belum termasuk pihak kepolisian," bebernya.

Dari pengamatannya, cuaca di Pantai Kuta cukup cerah. Hujan belum ada, angin pun tidak terlalu kencang.

Pihaknya berpesan usai perayaan sampah pengunjung bisa dikurangi. Sejak pagi sudah 15 kali diumumkan melalui pengeras suara.

Demi keselamatan, pihaknya bekerja sama dengan Balawista.

"Pengunjung kan banyak juga yang mandi laut. Jadi kita umumkan pakai pengeras suara agar pengunjung mengikuti rambu-rambu. Selalu kita imbau agar mandi di antara bendera merah dan kuning. Juga barang bawaan yang tidak disimpan sembarangan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," harapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, tahun baru

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top