Gubernur Bali Dukung Produk Inovatif Ramah Lingkungan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mengakui isu lingkungan menjadi salah satu masalah yang diharapi provinsi tersebut.
Sultan Anshori
Sultan Anshori - Bisnis.com 24 September 2019  |  13:24 WIB
Gubernur Bali Dukung Produk Inovatif Ramah Lingkungan
Karyawan swalayan mengemas barang belanjaan konsumen dengan tas ramah lingkungan di pusat perbelajaan di Denpasar, Bali, Kamis (3/1/2019). - ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Bisnis.com, DENPASAR — Gubernur Bali Wayan Koster mendukung kehadiran produk inovatif yang ramah bagi lingkungan dan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat di Pulau Dewata.

Menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, produk inovatif sejalan dengan progam Bali Bersih melalui visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.
 
“Saya mendukung adanya produk-produk ramah lingkungan yang berdampak pada terjaganya kualitas udara dan sanitasi lingkungan. Untuk itulah inovasi berbasis teknologi harus dilakukan,” ujar Wayan Koster, belum lama ini.

Dia mengakui isu lingkungan dan kesehatan menjadi permasalahan serius yang dihadapi provinsi itu. Banyaknya tumpukan sampah di area wisata dan kualitas udara yang buruk akibat polusi kendaraan, pembakaran sampah, dan asap rokok menjadi perhatian utama yang harus segera diselesaikan.
 
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Wayan Koster telah melakukan koordinasi dan kolaborasi antara kabupaten/kota dan berharap adanya dukungan dari berbagai komponen lainnya, termasuk kalangan pengusaha. Sinergi yang diharapkan Pemprov Bali mulai dari penanganan infrastruktur, kebudayaan, ekonomi, kesehatan publik, hingga inovasi dan teknologi.
 
Dia menuturkan produk inovatif juga dapat menjadi motor pertumbuhan ekonomi kreatif berbasis inovasi dan teknologi. 
 
Oleh karena itu, agar selaras dengan program Pemprov Bali, para pengusaha diharapkan menciptakan produk yang ramah bagi lingkungan dan kesehatan.
 
Adapun sektor produk-produk inovatif yang dapat digarap meliputi industri pertanian, kerajinan tangan, hingga produk tembakau alternatif yang sedang berkembang pesat di Bali.

“Dilihat dari potensinya, produk tembakau alternatif diharapkan mampu menjadi salah satu solusi bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat,” imbuh Wayan Koster.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, lingkungan hidup

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top