Perempuan Peselancar Pertama Indonesia Tampil di Kejuaraan Dunia Corona Bali

Kompetisi The Corona Bali Protected 2019 pekan ini diwarnai aksi Kailani Johnson, perempuan peselancar Indonesia pertama yang masuk puncak rangkaian Tur Kejuaraan World Surf League (WSL).
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 14 Mei 2019  |  15:00 WIB

Bisnis.com, DENPASAR--Kompetisi The Corona Bali Protected 2019 pekan ini diwarnai aksi Kailani Johnson, perempuan peselancar Indonesia pertama yang masuk puncak rangkaian Tur Kejuaraan World Surf League (WSL).

Kailani Johnson dan Jacob Willcox dari Australia mendapatkan wildcard untuk peselancar perempuan dan laki-laki dalam ajang Corona Bali 13-25 Mei 2019 di Pantai Keramas, Gianyar, Bali.

Selain menandai debut karir di tingkat elite selancar dunia, tampilnya Kailani merupakan kali pertama seorang perempuan Indonesia berkompetisi di ajang Championship Tour.

Setelah berada di peringkat sembilan di Krui Pro, Kailani dianugerahi wildcard sebagai peselancar Indonesia berperingkat tertinggi yang bersaing dalam 2019 Qualifying Series (QS).

Kailani johnson mengatakan pada usia remaja dia pernah bercita-cita mewakili Indonesia di kompetisi selancar internasional dan kini terwujud melalui perjuangan panjang.

"Semoga ini menginspirasi gadis-gadis Indonesia yang akan datang,” katanya, dalam keterangan resmi, Selasa (14/5/2019).

Kailani mengaku bisa berselancar seperti gelombang yang luar biasa, uncrowded, seperti sederet peselancar yang dia idolakan sejak awal belajar selancar dari ayahandanya di kawasan Bali selatan.

Menurut dia, mengandalkan goofyfoot (posisi kaki kanan selancar) yang dikenal dengan berselancar ‘backhand’ atau tubuh menghadap jauh dari muka terjangan ombak menuju pantai. 

Ia menyebut pernah berkompetisi dalam beberapa acara Qualifying Series, tetapi tampil dalam kejuaraan dunia kali ini akan menjadi pengalaman baru.

Jessi Miley-Dyer dari WSL Tours and Competitions mentgatakan sangat penting baginya untuk mendukung tampilnya atlet perempun lokal dalam kompetisi ini. Ia memberikan kesempatan kepada seseorang seperti Kailani untuk bersinar di kota kelahirannya.

Ari Utama, CEO Hascar Group Jeep Indonesia mengatakan menempatkan display produk Jeep Compass sebagai bagian dari kesepakatan global tahunan, merek Jeep adalah mitra otomotif eksklusif World Surf League.

World Surf League (WSL) didedikasikan untuk merayakan selancar terbaik dunia di ombak terbaik dunia melalui berbagai platform pemirsa terbaik di kelasnya.

Liga, yang berkantor pusat di Los Angeles, California, adalah olahraga global dengan kantor regional di Australasia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Hawaii, Jepang, dan Eropa.

WSL telah memperjuangkan selancar terbaik di dunia sejak tahun 1976, setiap tahunnya menjalankan lebih dari 180 acara global di Tur Kejuaraan Pria dan Wanita, Tur Gelombang Besar, Seri Kualifikasi, Kejuaraan Junior dan Longboard, serta Penghargaan Gelombang Besar WSL.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, selancar

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top