Moto GP di Mandalika, Lombok Tengah Mulai Identifikasi Nilai Plus

Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  09:44 WIB
Moto GP di Mandalika, Lombok Tengah Mulai Identifikasi Nilai Plus
Maket kawasan wisata hiburan dan olah raga Mandalika. - Bisnis

Bisnis.com, LOMBOK TENGAH — Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menjamin digelarnya balapan MotoGP 2021 di sirkuit Mandalika berlangsung aman.

"Tentu soal keamanan dan kondusivitas itu penting. Dan kami menjamin itu," ujar Wakil Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri di Praya, Minggu (24/2/2019).

Ia mengakui, sebagai tuan rumah tentu persoalan keamanan dan kondusivitas daerah akan menjadi prioritas utama. Sebab, wisatawan yang datang saat ajang MotoGP berlangsung akan banyak. Sehingga perlu jaminan keamanan.

"Perihal keamanan ini Pemda tidak bisa bekerja sendiri. Ada TNI/Polri tentu di dalamnya. Tapi jauh dari itu ada partisipasi masyarakat lah paling utama," tegas mantan anggota DPRD NTB itu.

Selain itu, Pathul Bahri menyatakan, sinergitas antar seluruh pihak yang terlibat juga harus tetap terjalin, baik pusat, provinsi, kabupaten, TNI/Polri dan masyarakat.

Pathul Bahri mengatakan Sirkuit Mandalika bila selesai dibangun akan memberikan dampak yang luar biasa baik untuk daerah maupun masyarakat, terutama dalam peningkatan pembangunan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

"Bayangkan, hotel-hotel akan terbangun, pusat-pusat kerajinan dan oleh-oleh juga tumbuh, belum yang lain-lain. Semua itu muaranya untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, ia mengaku bersyukur dan mengapresiasi setinggi-tingginya pada pemerintah pusat, provinsi dan ITDC (Indonesia Development Corporation) selaku pengembang yang sudah berupaya dan bergerak secara masif agar Kabupaten Lombok Tengah menjadi daerah yang terus maju.

"Insya Allah kalau ini semua rampung daerah ini akan terus maju dan berkembang seperti daerah-daerah lainnnya di Indonesia," ucap Pathul Bahri.

Rencananya, Sirkuit Mandalika yang akan dibangun pada Oktober 2019 memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start dan finis. Sirkuit akan terdiri 18 tikungan.

Sarana penunjang area paddock akan memiliki 40 garasi untuk kegiatan operasional tim balap. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
moto gp, mandalika

Sumber : Antara
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top