Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PD Pasar Denpasar Targetkan Pendapatan Rp38,9 Miliar

Perusahaan Daerah Pasar Denpasar menarget pendapatan senilai Rp38,9 miliar pada 2019 atau meningkat 18% dibanding realisasi tahun lalu.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  15:12 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR – Perusahaan Daerah Pasar Denpasar menarget pendapatan senilai Rp38,9 miliar pada 2019  atau meningkat 18% dibanding realisasi tahun lalu.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Denpasar IB Kompyang Wiranata memerinci realisasi pendapatan pada 2018 adalah senilai Rp32,8 miliar atau meningkat 13% dari realisasi tahun lalu.

Peningkatan ini dikarenakan tidak lagi adanya kebocoran penerimaan retribusi yang dilakukan dari petugas lapangan.

Apalagi, ada 3 pasar di Denpasar yakni Pasar Ketapian, Pasar Gunung Sari, dan Pasar Lokitasari yang sudah menerapkan pungutan online.

Rencananya, retribusi online ke pedagang ini juga akan dilakukan di seluruh pasar Denpasar yang berjumlah 16 unit pada 2019.

Menurutnya, retribusi online ini telah terbukti memaksimalkan pendapatan PD Pasar. Tidak lagi ditemukan adanya kecurangan pungutan yang dilakukan oleh petugas di lapangan.

“Selama ini namanya petugas di bawah ada kecoboran, sekarang kita maksimalkan dengan pungutan online,” katanya kepada Bisnis, Selasa (19/2/2019).  

Selain itu, PD Pasar juga makin memperbesar kesempatan bisnis pedagang lewat membuka kesempatan berjualan bagi pedagang bermobil.

Rencanaya, lahan eks Tiara Grosir yang ada di Jalan Cokroaminoto juga akan disulap menjadi lokasi berjualan pedagang bermobil.

Sebelumnya, lokasi tersebut digunakan untuk menampung pedagang Pasar Badung yang terdampak kebakaran gedung pada 2016 lalu.

“Kita juga membuka ushaa lain yakni memberikan pinjaman ke pedangang, ini juga berpotensi meningkatkan pendapatan,” katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

denpasar PD Pasar
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top