Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda Bali Siapkan Sejumlah Skenario Lalu Lintas Menjelang IMF-WB

Akan ada kurang lebih 15.000 peserta VVIP dengan jumlah stafnya yang mencapai 50.000 orang beserta puluhan kepala negara dan pemerintahan akan datang.
Pintu masuk ke kawasan wisata Nusa Dua, Bali, Kamis (2/3/2017)./Reuters-Nyimas Laula
Pintu masuk ke kawasan wisata Nusa Dua, Bali, Kamis (2/3/2017)./Reuters-Nyimas Laula

Bisnis.com, DENPASAR – Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) Bali, dalam waktu dekat melakukan rekayasa arus lalu lintas di Kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, menjelang Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WB), Oktober 2018.

"Menjelang IMF, kami telah membentuk Satgas pengawal, rute, dan parkir untuk para delegasi yang akan melakukan pertemuan di Bali, guna mencegah kemacetan arus lalu lintas di kawasan Nusa Dua," kata Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Bali, AKBP Nyoman Sukasena, di Denpasar, Jumat (24/8/2018).

Upaya rekayasa arus lalu lintas ini, mengingat akan ada kurang lebih 15.000 peserta VVIP dengan jumlah stafnya yang mencapai 50.000 orang beserta puluhan kepala negara dan pemerintahan akan datang seperti "minister of finden", pemerintah bank dunia, "Chief Executive Officer" dan "Chief Financial Officer" yang datang ke Pulau Dewata.

Salah satu contoh rekayasa jalan yang akan dilakukan pihak Ditlantas Polda Bali adalah dengan menerapkan sistem satu jalur di dekat Kampus Politeknik Unud nanti yang akan menuju Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) sehingga bus dan kendaraan delegasi dapat bermanuver dengan lincah ditanjakkan.

"Karena di dekat kampus ini ada tanjakan yang terjal, sehingga bus dan kendaraan para delegasi ini bisa bermanuver di tanjakan dengan baik," ujarnya.

Tidak hanya mengatur lalu lintas, Ditlantas Polda Bali juga telah akan mengatur parkir 2.000 bus yang rencananya tiba di Kawasan GWK saat berlangsungnya galadiner. "Kami upayakan 2.000 bus bisa terparkir di GWK dengan rapi," ujarnya.

Terkait kesiapan kendaraan 2.000 bus tersebut, tegas Sukasena, disiapkan oleh pihak IO yang menyelenggarakan acara IMF-WB. Namun, terkait pengawalan para delegasi, anggota Polda Bali sudah siap untuk itu.

"Kami juga sudah mengajukan ke Mabes Polri agar menambah 70 kendaraan sepeda motor dan 50 mobil patroli untuk mengawal para mobil delegasi yang melakukan pertemuan di Bali ini," ujarnya.

Ditlantas Polda Bali juga berencana pada minggu depan melakukan uji coba dan rekayasa jalan di sekitar "under pass" simpang Ngurah Rai-Bandara Ngurah Rai, guna melihat apakah ada dampak kemacetan atau tidak.

"Pelaksanaan IMF di Bali kami upayakan berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama, karena penyelenggaraan konferensi ini akan membawa dampak perekonomian bagi Pulau Bali khususnya dan Indonesia umumnya," katanya.

Selain itu, Polda Bali juga segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Bali terkait hal ini. "Kami juga akan berkirim surat kepada Dinas Pendidikan Provinsi Bali agar para siswa yang berada disekitar acara IMF agar diliburkan pada 13-14 Oktober 2018," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler