Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengin Mi Instan Lebih Sehat? Begini Cara Mengolahnya

Mi instan merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Makanan cepat saji yang satu ini biasa dikonsumsi untuk pengganjal perut yang lapar.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SOLO – Mi instan merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Makanan cepat saji yang satu ini biasa dikonsumsi untuk pengganjal perut yang lapar. Selain mengenyangkan, mengonsumsi mis instan juga bisa membuat Anda bahagia.

Sayangnya, berbagai penelitian menyebut mi instan mengandung zat berbahaya bagi tubuh, seperti pengawet dan pewarna. Selain itu, mi instan juga sulit dicerna yang membuat Anda gemuk. Meski sebaiknya dihindari, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya.

Anda bisa mengolah mi instan dengan cara yang sehat agar aman dikonsumsi. Mau tahu caranya? Temukan jawabannya dari ulasan yang dihimpun dari The Health Site, Jumat (22/12/2017), di bawah ini:

Buang air rebusan
Makan mi instan yang berkuah pedas di kala hujan memang sangat nikmat. Tapi, jika ingin mi yang masuk ke perut aman, maka buanglah air rebusannya. Bahan pengawet dan pewarna telah larut dalam air rebusan mi yang berwarna keruh itu. Jika nekat dikonsumsi, Anda bakal mengalami masalah pencernaan. Oleh sebab itu, sebaiknya gantilah air yang hendak dipakai untuk kuah mi.

Tambahkan telur
Menambahkan telur akan membuat kuah mi instan lebih lezat. Selain menambah rasa, kandungan protein dalam telur juga sangat baik untuk tubuh. Tapi, jangan pernah memasak mi dan telur dalam panci yang sama. Sebaiknya, rebus mi dalam satu panci dan buang airnya setelah matang. Selanjutnya, rebus telur dalam air secukupnya yang akan dicampurkan ke dalam mi.

Tambahkan sayuran
Menambahkan sayuran jelas akan membuat mi instan lebih sehat. Anda bisa menambahkan sayuran seperti sawi, wortel, kubis, kembang kol, atau brokoli. Rebus mi sampai setengah matang, lalu ganti airnya. Lanjutkan dengan memasukkan sayuran segar dan masak sampai air mendidih. Serat dalam sayuran akan tetap terjaga jika dimasak dalam waktu yang singkat.

Kurangi bumbu
Bumbu mi instan mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh. Nah, sebaiknya kurangi bumbu mi instan. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan bawang goreng agar rasanya lebih nikmat. Ingat, jangan pernah mencampur mi instan dengan bumbunya saat dimasak. Bubuhkan bumbu setelah mi siap dihidangkan.

Cara ini juga berlaku bagi Anda yang gemar menyantap mi dalam cup. Tambahkan air panas dan tutup kemasan. Biarkan mi matang lalu buang airnya. Setelah itu, tambahkan air panas yang baru dan masukkan bumbu. Dengan begini, mi yang Anda santap bakal lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper