Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perairan Rote dan Sumba Rawan Kecelakaan Laut

Wilayah perairan Rote dan Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur rawan terhadap kecelakaan laut karena arus lautnya yang sangat keras ketika cuaca ekstrem melanda wilayah itu.
Reuters
Reuters

Bisnis.com, KUPANG—Wilayah perairan Rote dan Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur rawan terhadap kecelakaan laut karena arus lautnya yang sangat keras ketika cuaca ekstrem melanda wilayah itu.

"Berdasarkan pemetaan dilakukan SAR Kupang beberapa daerah di NTT sangat rawan terjadi kecelakaan laut yag menyebabkan adanya korban jiwa," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Kupang, Abram Benyamin Kolimon di Kupang, Rabu (22/11/2017).

Ia mengatakan, kawasan perairan Rote, Sabu, Kupang dan Sumba menjadi wilayah yang rawan dengan peristiwa kecalakan laut.

"Kita harap para nelayan di daerah itu untuk selalu waspada ketika melaut. Apabila teradi cuaca ekstrem agar tidak memaksakan diri melaut mencari ikan," tegas Kolimon.

Mengantisipasi terjadinya bencana alam selama cuaca ekstrem melanda daerah ini kata Kolimon, para personil dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Kupang, Nusa Tenggara Timur sudah dalam kondisi siagakan bencana.

Ia menegaskan, pada saat peralihan musim selalu diikuti dengan peristiwa bencana alam sehingga perlu adanya kesiap siagaan anggota SAR dalam menghadapi cuaca ekstrem selama musim hujan melanda NTT.

"Semua anggota SAR sudah disiagakan. Para anggota SAR selalu siap diterjunkan dalam operasi pencarian dan penyelamatan korban yang mengalami musibah selama musim hujan ini," kata Kolimon.

Ia menambahkan, dalam melakukan operasi pencarian dan pertolongan korban, SAR Kupang selalu berkordinasi dengan intansi lain seperti TNI, Kepolisian, BPBD, Tagana serta pemerintah daerah setempat sehingga pelaksanaan operasi dapat berjalan dengan cepat dan sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper