Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krisis Air Musim Kemarau, Pemkot Kupang Memasok 8 Tangki Gratis

Pemerintah Kota Kupang mendatangkan delapan unit mobil tangki air berukuran 5.000 liter untuk memasok air bersih gratis kepada warga yang mengalami krisis air dampak musim kemarau yang terjadi setiap tahun di wilayah itu.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, KUPANG – Pemerintah Kota Kupang mendatangkan delapan unit mobil tangki air berukuran 5.000 liter untuk memasok air bersih gratis kepada warga yang mengalami krisis air dampak musim kemarau yang terjadi setiap tahun di wilayah itu.

"Delapan unit mobil itu sudah ada dan siap dimanfaatkan untuk suplai air bersih ke warga yang mengalami krisis air bersih," kata Asisten Administrasi Keuangan Sekretariat Daerah Kota Kupang Laurens Tokoh di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (4/10/2017).

Delapan unit kendaraan itu selain akan difungsikan menyalurkan bantuan air bersih gratis bagi warga yang mengalami krisis air bersih tetapi juga akan dimanfaatkan untuk kepentingan pelayanan pada dinas pemadam dan dinas pertamanan.

"Empat unit akan dimanfaatkan badan penanggulangan bencana, satu unit untuk pemadam kebakaran dan satu unit lainnya untuk dinas pertamanan. Sementara dua lainnya akan siaga di bagian umum kantor wali kota," ujarnya.

Pengadaan delapan unit mobil tangki itu berawal dari kondisi krisis air bersih yang saban tahun dialami warga terutama di sejumlah kelurahan yang tidak memiliki cukup sumber air baku.

Pemkot Kupang bersama DPRD setempat bersepakat mendatangkan delapan unit kendaraan itu untuk memperlancar suplai air bersih, agar kebutuhan air bersih warga tetap terpenuhi.

Selain mendatang delapan unit kendaraan tangki itu, Pemerintah Kota Kupang juga menganggarkan pembangunan dua resrvoir pada dua titik kelurahan, masing-masing di Lasiana dan Kelurahan Penfui.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang Ade Manafe, terpisah mengaku tambahan armada empat unit mobil tangki itu akan memperlancar suplai air bersih yang sedang dilakukan kepada warga di sejumlah kelurahan yang mengalami krisis air bersih.

Untuk 2017 ini, lanjut Ade BPBD Kota Kupang mendapat jatah 100 tangki suplai air bersih kepada warga pada 48 kelurahan yang mengalami krisis air bersih dari 51 kelurahan di enam kecamatan Kota Kupang. "Penyaluran sudah dilakukan sejak akhir September lalu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler