Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Kemiskinan, Lombok Utara Bedah Rumah Tiap Jumat

Pemerintah Kabupaten Lombok Utara melakukan program Jumat bedah rumah atau Jubah yang menyasar warga yang memiliki rumah tidak layak huni.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, MATARAM – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara melakukan program Jumat bedah rumah atau Jubah yang menyasar warga yang memiliki rumah tidak layak huni. 

Program ini bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Utara yang diharapkan bisa menghidupkan kembali semangat gotong royong dalam mengentaskan kemiskinan. 

Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar menyerahkan bantuan Untuk Bedah Rumah yang ke-12 di Dusun Kuripan desa Rempek, Kabupaten Lombok Utara. 

Najmul mengatakan seminggu sekali, salah satu SKPD yang ada di lingkup Pemkab Lombok Utara akan menjadi donatur. Sumbangannya dari PNS yang ada. Selain itu, bantuan dana juga berasal dari Baznas Lombok Utara.

“Kami dapat kembali melaksanakan program Jumat bedah rumah yang merupakan agenda kegiatan sosial pemda Lombok Utara, dan ini adalah salah satu cara untuk lebih cepat dalam menurunkan angka kemiskinan di Lombok Utara," ujar Najmul seperti dikutip Bisnis.com dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Selasa (3/10/2017). 

Menurut Najmul, proses yang harus dilalui masyarakat kurang mampu mendapatkan rumah melalui birokrasi kadang-kadang membutuhkan waktu yang sangat panjang dan berbelit belit. Padahal, di lapangan masyarakat memang sangat membutuhkan rumah tersebut. 

Program ini adalah murni gerakan sosial tanpa dana dari APBD. Dananya bersumber dari zakat pegawai yang ada di Lombok Utara yang dikumpulkan di Baznas. "Kami juga dapat tambahan dana dari rekan-rekan pegawai di Sekrteriat Dewan sehingga digabung kan menjadi satu," ujar Najmul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler