Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Bali Siapkan Penampungan Hewan Ternak Gratis ke Pengungsi

Sejumlah bantuan datang ke pengungsi Gunung Agung tidak hanya berupa logistik maupun tempat tinggal, ada pula bantuan penitipan hewan ternak gratis yang disediakan sejumlah warga.
Lahan warga dimanfaatkan menjadi tempat penitipan hewan ternak./Eka Wiratmini
Lahan warga dimanfaatkan menjadi tempat penitipan hewan ternak./Eka Wiratmini

Bisnis.com, DENPASAR – Sejumlah bantuan datang ke pengungsi Gunung Agung tidak hanya berupa logistik maupun tempat tinggal, ada pula bantuan penitipan hewan ternak gratis yang disediakan sejumlah warga.

Warga yang tidak terkena bencana Gunung Agung, berbekal rasa kemanusian dan tolong menolong inisiatif memberi bantuan sukarela berupa tempat penampungan hewan ternak. Bantuan diberikan beberapa kelompok yang tersebar di wilayah Bali.

Salah satunya yakni I Wayan Suriada asal Sidemen Karangasem. Dia menuturkan wilayahnya tidak terkena dampak langsung dari bencana Gunung Agung karena berada di zona hijau atau 15 km dari lokasi bencana.

Kata dia, pihaknya menyediakan lahan seluas 3 hektar untuk tempat penampungan hewan. Semenjak penitipan hewan ternak ini dibuka pada Kamis (21/9) atau 2 hari setelah pengumuman level awas, sudah banyak telepon yang datang untuk meminta bantuannya.

Kini di tempat penampungan yang dia koordinir, ada sebanyak 53 sapi, 15 kambing, dan 3 babi. “Pertama saya orang Karangasem juga kita orang Bali sama-sama saudara Indonesia, kita sebagai keuluarga besar harus bantu karena saudara-saudara kita membutuhkan pertolongan,” katanya, kepada Bisnis, Rabu (27/9/2017).

Dia menyebutkan bantuan penitipan hewan ternak tidak hanya datang ada di Sidemen, namun wilayah lain di Bali seperti warga di Rendang maupun di Kubutambahan, Buleleng. Menurutnya, karena banyak inisiatif serupa dari warga, dia pun berkoordinasi langsung dengan Dinas Peternakan Bali untuk membuat zona penitipan hewan ternak.

Hingga saat ini, ada 4 zona penitipan hewan ternak yang sudah berada di bawah ijin pemerintah Bali yakni Zona Barat yang ada di Rendang Karangasem seluas 2 hektar, Zona Selatan di Sidemen Karangasem seluas 3 hektar, Zona Timur di Tista Karangasem seluas 40 are dan Zona Utara di Kubutambahan Buleleng seluas 1 hektar.

“Penitipan hewan ternak pengungsi Gunung Agung ini bahkan telah terkoordinasi di bawah Dinas Peternakan Bali,” katanya. Dia menekankan, musibah yang dialami warga Karangasem membutuhkan aksi nyata dari semua pihak tidak hanya ke pengungsi namun juga asset yang mereka miliki.

Kata dia, karena bencana Gunung Agung, banyak pengungsi yang kebingungan harus menjual hewan ternaknya dengan harga rendah. Dia pun menyarankan dengan penitipan hewan ternak, pengungsi tidak perlu menjual ternaknya dengan harga murah.

Bahkan, di penitipan hewan ternak, pakan terjamin sebab ada donator maupun pemerintah yang turun langsung memberi bantuan. “Yang jelas kami berusaha semaksimal mungkin,” sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper