Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Agung Meletus Strombolian Dipicu Tekanan Erupsi Efusif Sebulan Terakhir

Gunung Agung mengalami letusan strombolian lantaran akumulasi tekanan akibat erupsi efusif yang telah terjadi selama satu bulan ini.
Cahaya magma dalam kawah Gunung Agung terpantul pada abu vulkanis terlihat dari Desa Datah, Karangasem, Bali, Jumat (29/6/2018)./Reuters-Johannes P. Christo
Cahaya magma dalam kawah Gunung Agung terpantul pada abu vulkanis terlihat dari Desa Datah, Karangasem, Bali, Jumat (29/6/2018)./Reuters-Johannes P. Christo

Bisnis.com, KARANGASEM -- Gunung Agung mengalami letusan strombolian lantaran akumulasi tekanan akibat erupsi efusif yang telah terjadi selama satu bulan ini.

Kepala Subbidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana mengatkan pembangunan tekanan di dalam tubuh Gunung Agung telah terjadi sejak 13 Mei 2018 lalu.

Erupsi efusif yang terjadi selama ini memberikan konsekuensi pembangunan tekanan dalam tubuh gunung. Hal ini pun terjadi kurang lebih selama satu bulan. Sehingga, erupsi yang terjadi pada Senin (2/7/2018) pukul 21.04 WITA merupakan bentuk pelepasan tekanan tadi.

Kata dia, sebelumnya pada Senin (2/7/2018) pukul 18.00 WITA hingga sebelum terjadi letusan, Gunung Agung memang memperlihatkan kondisi tenang.

Namun, sebenarnya saat itu lapisan atas dalam konsisi dingin sehingga lava yang akan keluar membeku. Ketika lava yang akan keluar seluruhnya membeku dan menutupi jalan, maka letusan strombolian ini pun terjadi.

"Memang aktivitas yang tinggi pada hari ini bukan dibangun dalam sehari," katanya, Senin (2/7/2018).

Kata dia, pada 28-29 Juni 2018 lalu, Gunung Agung telah mengalami letusan efusif yakni lava mengalir di permukaan.

Magma yang akan keluar lebih dulu membeku sehingga menjadi keras dan sulit dilepaskan.

Kondisi Gunung Agung saat ini mengalami letusan Strombolian akibat kondisi tertutupnya jalan keluar lava.

Adapun loncatan lava pijar keluar dari perut Gunung Agung sejauh 500-2.000 meter dari puncak. Ketika lava pijar tersebut mengenai hutan, yang memang disekitar puncak gunung banyak terdapat pohon, sehingga terjadi kebakaran.

Pantauan Bisnis, dari wilayah Amed, hutan di sekitar Gunung Agung memang terlihat terbakar. Beberapa warga pun ada yang nampak menonton dari kejauhan.

"Kalau di hutan area puncak kan memang banyak pohon sehingga wwayar terjaid kebakaran, lavva inj memang panas sekali dan mampu membakar tanaman," katanya.

Sebelumbya, PVMBG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada Senin( 2/72018) pukul 21:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak atau 5.142 m di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi ± 7 menit 21 detik. Erupsi terjadi secara Strombolian dengan suara dentuman.

Erupsi bersifat eksplosif melontarkan batu pijar karena ada tekanan dari dalam kawah. Sifat magma yang lebih cair dibandingkan letusan tahun lalu juga menyebabkan mudahnya terjadi lontaran batu pijar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper