Info Mudik: Sehari, 2.000 Orang Pemudik Berangkat dari Terminal Mengwi Bali

Oleh: Wirat Eka 10 Juni 2018 | 11:19 WIB
Info Mudik: Sehari, 2.000 Orang Pemudik Berangkat dari Terminal Mengwi Bali
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, DENPASAR – Jumlah pergerakan penumpang di Terminal Tipe A Mengwi telah menyentuh angka 2.000 orang lebih dalam sehari sejak 5 Juni 2018 atau H-10 Lebaran dengan rata-rata peningkatan per hari sebanyak 11,12%.

Terminal Tipe A Mengwi memang terhitung baru beroperasi yakni tepatnya pada Oktober 2017. Terminal ini dikhususkan untuk menjadi tempat berperasinya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menggantikan Temrinal Ubung.

Staf Ahli Bidang Teknologi Lingkungan dan Energi Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono pada Sabtu (9/6/2018) mendatangi Terminal Mengwi untuk melakukan pengecekan kesiapan pemberangkatan pemudik. Dia mengecek mulai dari layanan ke penumpang hingga bus yang akan berangkat.

Menurutnya, semua kondisi bus dan perlengkapannya berfungsi dengan baik. “Tadi uji petik saja yang kebetulan berangkat ke Solo, Alhamdulillah berfungsi dengan baik, sopirnya sopan, busnya juga sehat semuanya, rem juga sudah dicek, semunya harus layak jalan, nomor satu adalah keselamatan,” katanya, Sabtu (9/6/2018).

Selama pengecekan di Bali, semua jalur mudik dipastikan aman. Mulai dari Bandara Ngurah Rai yang menunjukkan adanya peningkatan penumpang. Pelabuhan Benoa yang belum menujukkan perkembangan yang cukup signifikan namun mulai ada indikasi masuknya wisatawan. Hingga Pelabuhan Padangbai yang sempat mengalami penumpukan penumpang namun telah teratasi.

Adapun rekapitulasi pergerakan penumpang sampai dengan H-6 atau 9 Juni 2018 dibanding periode sama tahun lalu di Bandara I Gusti Ngurah Rai mengalami peningkatan 7,35% pada pesawat keberangkatan dan penurunan 1,73% pada jumlah penumpang keberangkatan.

Sementara, di Pelabuhan Padangbai, total jumlah penumpang pejalan kaki maupun kendaraan yang melakukan penyebrangan hingga H-6 atau 9 Juni 2018 sudah mencapai 3.472 orang atau mendekati 88% dari realisasi total lebaran tahun lalu. Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali-NTB Agung Hartono mengatakan sejak Terminal Tipe A Mengwi beroperasi pertama kali pada Oktober 2017, telah menujukkan peningkatan pergerakan penumpang yang cukup signifikan.

Menurutnya, jika dibandingkan secara year on year dengan Terminal Ubung yang sebelumnya menjadi tempat beroperasinya bus AKAP, Terminal Mengwi memiliki presentase pergerakan penumpang yang jauh lebih tinggi yakni mencapai 10%.

Apalagi dia memastikan, kondisi Terminal Mengwi yang jauh lebih baik. Mulai dari layanan, fasilitas yang lebih lengkap, hingga fasilitas parkir yang lebih luas.“Sampai hari ini luar biasa peningkatannya,” katanya.

Adapun Data Dinas Perhubungan Bali terkait realisasi pergerakan moda penumpang keluar masuk Bali selama angkutan lebaran 2017, jumlah penumpang di Terminal Mengwi terhitung sebanyak 24.681 orang dan Terminal Ubung sebanyak 24.447 orang.

Jika dibandingkan dengan lebaran pada 2016, jumlah penumpang di Terminal Ubung saat Lebaran 2017, memang mengalami penurunan hingga 27%.

Editor: Fajar Sidik

Berita Terkini Lainnya