Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2.042 Calon Jemaah Haji Asal NTB Bakal Berangkat ke Tanah Suci

Ada pembatasan usia maksimal 65 tahun calon jemaah yang boleh berangkat.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  14:43 WIB
Ilustrasi. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, MATARAM - Kementerian Agama Wilayah Nusa Tenggara Barat merilis sejumlah 2.042 orang calon jemaah haji akan berangkat ke Mekah pada musim haji pertama pada masa pandemi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, Zaidi Abdad, menjelaskan, kuota tersebut termasuk calon jemaah haji pada 2020 yang tertunda keberangkatannya karena pandemi. "Yang berangkat hanya 48 persen dari kuota normal, kuota normal sekitar 4.550 orang, tetapi NTB mendapat kuota 2.042 orang untuk berangkat pada musim haji tahun ini," jelas Zaidi melalui telepon, Kamis (12/5/2022).

Soal pembatasan usia maksimal 65 tahun calon jemaah yang boleh berangkat, Zaidi menjelaskan itu merupakan ketentuan dari pemerintah Saudi Arabia karena pertimbangan pandemi Covid-19.

"Kalau pembatasan usia itu memang ketentuan dari pemerintah Saudi, kami mengikuti. Jadi jika calon jemaah berusia di atas 65 tahun secara otomatis gugur di sistem," ujar dia.

Saat ini persiapan lintas sektoral terus dilakukan jelang keberangkatan haji. "Kami terus melakukan koordinasi lintas sektoral termasuk soal keamanan yang harus melibatkan Polisi, Satpol PP, termasuk Pemprov NTB dari segi anggaran," kata Zaidi.

Jemaah yang terdaftar berangkat haji, diharuskan melunasi biaya haji sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, kemudian melakukan vaksin booster, meningitis dan pembuatan paspor. "Jemaah juga harus menjaga kesehatan hingga pemberangkatan haji dimulai," kata Zaidi (K48)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji ntb
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top