Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tracing dan Testing Kasus Covid-19 di Bali di Bawah Standar

Padahal, dengan mengggunakan rapid antigen, hampir 20 persen dari yang diuji pasti akan terhitung negatif. Berbeda dengan PCR yang memiliki tingkat sensitivitas yang mencapai 99 persen.
Antigen kit
Antigen kit

Bisnis.com, DENPASAR -- Jumlah tracing dan testing pandemi Covid-19 di Bali masih tidak memadai atau tergolong substandar.

Adapun per 20 Desember 2021, jumlah kasus positif harian di Bali ada sebanyak 5 kasus, dan 15 sembuh, dan tidak ada yang meninggal.

Virolog I Gusti Ngurah Kade Mahardika mencontohkan India yang dalam satu hari mampu menguji 1,5 juta sampai 2 juta sampel per hari dengan menggunakan metode uji PCR. Begitu juga dengan China, ketika ada warga dalam satu kota tertular, maka seluruh warga akan diuji SWAB. Bahkan, China hanya membutuhkan waktu satu minggu untuk melakukan PCR.

Berbeda dengan Bali, hanya ada sekitar 4.000 sampai 5.000 sampel per hari yang dideteksi. Bahkan ketika ada letupan kasus di Januari, Bali seharusnya mampu melakukan uji ke 15.000 sampel per hari.

"Satu-satunya masalah di Bali adalah tracing rendah, biar jadi level 1 perlu peningkatan tracing," katanya, Selasa (21/12/2021).

Belum lagi standar pemeriksaan yang sebanyak 40 persen dilakuan dengan menggunakan uji rapid antigen. Padahal, dengan mengggunakan rapid antigen, hampir 20 persen dari yang diuji pasti akan terhitung negatif. Berbeda dengan PCR yang memiliki tingkat sensitivitas yang mencapai 99 persen.

Meskipun demikian, adanya pandemi mash memungkinkan berakhir. Berkaca dari penyebaran wabah 100 tahun lalu, pandemi berakhir ditunjukkan oleh lowongnya jumlah pasien di rumah sakit dan jumlah orang meninggal dunia tidak setinggi saat pandemi.

"100 tahun lalu pandemi berakhir karena dua hal, pandemi pun bisa berakhir jika sebagian besar sudah terpapr dan tidak meninggal serta virus berubah menjadi tidak ganas, tetapi saat ini kita punya tiga yakni dengan tambahan adanya vaksin," sebutnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali I Made Rentin mengatakan rendahnya tracing berkaitan dengan jumlah kasus yang memag mengalami penurunan. Saat ini jumlah penambahan kasus harian di Bali konsisten bertambah 1 digit.

"Kami di lapangan di satu sisi karena memang kasus sudah menurun signfikan," sebutnya.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua #ingatpesanibu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper