Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Minyak Goreng di NTB Rp17.500 per Kilogram

Kenaikan ini memang dari produsen, itu disebabkan karena harga CPO memang naik.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 25 November 2021  |  16:31 WIB
Ilustrasi minyak goreng curah.
Ilustrasi minyak goreng curah.

Bisnis.com, MATARAM - Harga minyak goreng di Nusa Tenggara Barat di pasar masih tinggi dibandingkan dengan harga normal.

Data Dinas Perdagangan NTB mencatat harga minyak goreng hingga Kamis (26/11/2021) Rp17.500 per kg, sedangkan harga minyak curah Rp17.100 per kg. Padahal Harga sebelum naik hanya Rp12.500 per kg.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri NTB Prihatin Haryono menjelaskan kenaikan harga minyak goreng disebabkan naiknya harga CPO yang merupakan bahan baku minyak goreng.

"Kenaikan ini memang dari produsen, itu disebabkan karena harga CPO memang naik," jelas Haryono kepada Bisnis, Kamis (26/11/2021).

Haryono menjelaskan pihaknya tidak bisa melakukan intervensi pasar karena kenaikan terjadi karena kenaikan berasal dari harga CPO yang melambung.

"Kami tidak bisa melakukan intervensi pasar, karena kenaikan sudah terjadi dari produsen dan bahannya kita tidak punya. Berbeda dengan beras jika harga naik kita bisa minta Bulog turunkan ke pasar sehingga harga stabil," kata dia.

Produksi minyak goreng secara nasional mencapai 8 juta ton sedangkan konsumsi minyak goreng dalam negeri 5,6 juta ton. "Stok minyak goreng sangat mencukupi, kenaikannya bukan karena kelangkaan," kata Haryono.

Sementara itu, minyak curah mulai 1 Januari 2022 tidak boleh lagi beredar di pasar yang ada di NTB karena dinilai tidak sesuai dengan standar pengolahan minyak yang sehat.

"Mulai Januari minyak curah tidak boleh lagi beredar di pasar," ujar Haryono. (K48)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak goreng ntb
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top