Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dubes Belarusia Buka Peluang Perdagangan dengan NTB

Selain kakao, kopi NTB berpotensi menjadi komoditas ekspor.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 18 November 2021  |  17:20 WIB
Business meeting antara Duta Besar Belarusia dan Pemprov NTB di Mataram. - Bisnis/Harian Noris Saputra
Business meeting antara Duta Besar Belarusia dan Pemprov NTB di Mataram. - Bisnis/Harian Noris Saputra

Bisnis.com, MATARAM - Kedutaan Besar Belarusia menjajaki peluang perdagangan dengan Nusa Tenggara Barat melalui business meeting bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin) NTB.

Potensi komoditas NTB menarik minat Belarusia untuk membuka perdagangan. Komoditas yang dilirik oleh Belarusia yakni kakao sebagai bahan baku cokelat.

Duta Besar Belarusia untuk Indonesia Valery Kolesnik saat business meeting di Mataram menjelaskan Belarusia merupakan produsen cokelat yang membutuhkan kakao dalam jumlah besar. "Kakao di NTB banyak, itu bisa menjadi peluang dikirim ke Belarusia," jelas Valery pada Kamis (18/11/2021).

Selain kakao, kopi NTB berpotensi menjadi komoditas ekspor tetapi butuh promosi yang lebih intensif agar kopi NTB lebih dikenal di Belarusia.

"Saya mengetahui kopi NTB sangat bagus, tetapi di Belarusia belum ada kopi dari NTB. Butuh promosi yang lebih dari pihak Indonesia," kata dia.

Sektor pendidikan juga menjadi sektor yang dijajaki oleh Belarusia dan NTB, seperti beasiswa bagi mahasiswa NTB untuk belajar ke Belarusia. "Kami juga berdiskusi soal kerja sama di sektor pendidikan, dan kami ingin kerja sama ini jelas, proposal yang ditawarkan jelas," kata Valery.

Ketua Kadin NTB Faurani menjelaskan business meeting bersama Duta Besar Belarusia akan ditindaklanjuti dengan penjajakan kerjasama yang lebih serius melalui MOU Goverment to Goverment (G to G) maupun Business to Business (B to B).

"Tentu akan ada MOU yang menguntungkan kedua belah pihak, baik itu potensi ekspor ke Belarusia maupun apa yang ditawarkan Belarusia kepada NTB yang bisa bermanfaat untuk NTB," jelas Faurani.

Sebagai informasi, dari data BPS NTB, NTB belum memiliki kerja sama perdagangan dengan Belarusia, ekspor NTB didominasi ke negara China, Amerika, Jepang, Australia, Singapura.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kakao ntb
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top