Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Impor NTB Turun 63,53 Persen pada September

Komoditas karet dan barang karet masih menjadi komoditas impor terbesar dengan presentase 31,81 persen dari keseluruhan nilai impor.
Sortasi karet./Antara-Seno
Sortasi karet./Antara-Seno

Bisnis.com, MATARAM - Nilai impor Nusa Tenggara Barat pada September 2021 sebesar US$4,86 juta atau turun 63,53 persen (mtm) dibandingkan Agustus dengan nilai impor US$13,34 juta.

Badan Pusat Statistik (BPS) NTB mencatat, turunnya impor cukup signifikan disebabkan oleh impor karet yang turun drastis pada September dengan nilai US$1,5 juta, jauh lebih rendah dibandingkan Agustus yang nilai impornya US$7,9 juta.

Kepala BPS NTB Wahyudin menjelaskan walaupun turun, komoditas karet dan barang karet masih menjadi komoditas impor terbesar dengan presentase 31,81 persen dari keseluruhan nilai impor.

"Impor komoditas karet masih dominan walaupun terjadi penurunan, impornya berasal dari Amerika Serikat dan Singapura," jelas Wahyudin dikutip pada Selasa (2/11/2021).

Selain itu, komoditas impor lainnya yang mengalami penurunan yakni mesin atau pesawat mekanik dengan nilai US$ 887.202, jauh lebih rendah dibanding Agustus yang nilai impornya US$2,2 juta. NTB juga mengimpor bahan peledak senilai US$1,14 juta, bahan bakar mineral US$716.709, perangkat optik US$183.018, besi dan baja US$165.819.

Negara asal impor komoditas NTB berasal dari Amerika Serikat dengan nilai impor US$1,9 juta atau 39,71 persen, Singapura US$1,5 juta, Filipina US$1,1 juta, Australia US$180.316, dan Cina US$ 44.598. "Tiga negara yakni Amerika, Singapura dan Filipina menjadi negara terbesar asal komoditas yang diimpor ke NTB," ujar Wahyudin. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper