Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NTB Percepat Realisasi Pembangkit Listrik Atap

Untuk memudahkan akses masyarakat dalam penerapan PLTS atap, AESI menargetkan pembangunan 25 solar panel di NTB.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  14:50 WIB
Ilustrasi PLTS atap. - Istimewa
Ilustrasi PLTS atap. - Istimewa

Bisnis.com, MATARAM - Pemprov Nusa Tenggara Barat berkomitmen merealisasikan penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebagai sumber energi di daerah.

Potensi pengembangan EBT dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dinilai sangat cocok di NTB karena iklim dan curah panas matahari yang mendukung. Ketua Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) Fabby Tumiwa menjelaskan potensi NTB sangat bagus untuk pengembangan PLTS.

"Potensi NTB sangat luar biasa, oleh sebab itu kami mendorong agar Gubernur membuat surat edaran yang mendorong implementasi penggunaan EBT. Pemerintah bisa mendorong perusahaan hotel, restoran, sekolah, kantor pemerintah dan swasta untuk menggunakan PLTS atap," jelas Fabby, Kamis (28/10/2021).

Untuk memudahkan akses masyarakat dalam penerapan PLTS atap, AESI menargetkan pembangunan 25 solar panel di NTB. "Secara nasional kami menargetkan 1.000 solar panel, setiap daerah bisa 24-25 solar panel," ujar Fabby.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menjelaskan realisasi PLTS atap segera dilakukan karena sesuai dengan program NTB zero waste dan eco office. "Harus segera direalisasikan karena PLTS atap sudah lama ada, saya ingin segera action, masyarakat butuh langkah konkret," ujar Zul.

Pemprov NTB akan mengeluarkan surat edaran untuk mempercepat realisasi PLTS atap serta siap berkolaborasi dengan AESI. "Kami siapkan surat edaran dan SDM agar penggunaan PLTS atap segera dilaksanakan," ujar Zul. (K48)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi terbarukan plts pltsa ntb
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top