Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Krisna Oleh-oleh Bali Bangkit Setelah Bertani Kacang 

Ajik mampu bangkit dari pandemi Covid-19 dengan mengandalkan produk camilan kacang hasil taninya sendiri.  
Ajik, pemilik Krisna Oleh-Oleh Bali/Youtube
Ajik, pemilik Krisna Oleh-Oleh Bali/Youtube

Bisnis.com, DENPASAR - Pandemi Covid-19 membuat beragam usaha terpukul. Tapi, tak sedikit yang mampu bangkit dari keterpurukan karena wabah tersebut.

Pemilik Krisna Oleh-oleh Bali Gusti Ngurah Anom atau akrab disapa Ajik mampu bangkit dari pandemi Covid-19 dengan mengandalkan produk camilan kacang hasil taninya sendiri.  

Sebelumnya, pandemi memaksa Krisna Oleh-oleh tutup untuk sementara waktu. Ajik juga harus merumahkan 2.000 dari total 2.500 karyawan. 

Kemudian, untuk mengisi waktu luang Ajik memilih bertani kacang-kacangan di daerah Bali Utara. Setelah tiga bulan, kacang yang bisa dipanen diolah kembali pada September 2020, dan mulai di-launching pada Oktober 2020.

"Saat ini produk olahan kacang Ajik itu jadi best seller di Krisna Oleh-oleh dengan rata-rata penjualan 2.000 bungkus pada Senin - Kamis,  dan Jumat - Minggu selalu di atas 4.000 bungkus," kata dia dalam acara Buka Mata Vokasi Pariwisata, Selasa (6/4/2021).

Ajik menjelaskan produk yang paling diminati konsumen adalah camilan. Sehingga saat pandemi Ajik lebih mengembangkan produk makanan ringan seperti pie susu, dan adanya pengembangan bisnis ke bakery Deli Krisna. 

"Sebenarnya pandemi juga berkah bagi Krisna Oleh-oleh, terbukti kami bisa buka bakery baru," tuturnya.

Menurut Ajik saat ini bisnis Krisna Oleh-oleh telah berjalan 40 persen, pada awal pandemi hanya berjalan 10 - 15 persen.  Ajik juga telah mempekerjakan kembali karyawannya. 

Dari segi penjualan, offline masih mendominasi sebanyak 80 persen dengan pangsa pasar domestik mencapai 90 persen. Ke depannya pemasaran secara daring ditargetkan dapat mencapai 50 persen. 

Saat ini kami telah bekerja sama dengan 475 UMKM di Pulau Dewata yang tersebar di semua outlet," tambah Ajik.

Berikut biografi Ajik Krisna yang diunggah di kanal youtube.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Luh Putu Sugiari
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper