Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bali Terapkan Sistem Terintagrasi Tahun Depan, Bagaimana Nasib Gaji PNS?

Bali akan menerapkan sistem informasi pembangunan daerah (SPID) yang mengintegrasikan penganggaran, perencanaan, dan penatausahaan penyelenggaraan kegiatan pemda pada tahun depan.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  16:35 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, DENPASAR -- Bali akan menerapkan sistem informasi pembangunan daerah (SPID) yang mengintegrasikan penganggaran, perencanaan, dan penatausahaan penyelenggaraan kegiatan pemda pada tahun depan.

Hanya saja, penatausahaan terkait sistem pembayaran melalui PT Bank BPD Bali masih menjadi tanda tanya sehingga kemungkinan akan berdampak pada pembayaran gaji PNS Tahun depan.

Adapun melalui SPID, BPD Bali ditunjuk sebagai pengelola sistem pembayaran pemerintah daerah se-Bali. Sistem pembayaran terdekat yang menggunakan SPID adalah pembayaran gaji PNS yang kemungkinan akan jatuh pada 4 Januari 2021.

Direktur Operasional BPD Bali Ida Bagus Gede Setia Yasa mengatakan pihaknya sudah menyiapkan dua skenario untuk mengeksekusi penyaluran pembayaran yang akan dilakukan pemerintah daerah mulai tahun depan. Skenario yang disiapkan tersebut terutama terkait gaji PNS yang paling dekat realisasinya.

Pertama, pemerintah daerah dapat mengajukan surat perintah pencairan dana (SP2D) kepada BPD Bali terkait pembayaran gaji PNS. Nantinya, SP2D tersebut akan dieksekusi oleh BPD Bali.

Kedua, pengintegrasian sistem secara online melalui mekanisme Application Programming Interface (API). Hanya saja, API BPD Bali tidak terpilih dalam uji coba di Kementerian Dalam Negeri, sehingga belum bisa diterapkan dalam pengaplikasian SPID.

"Yang kemungkinan bisa kita lakukan adalah SP2D dari pemerintah daerah dengan aplikasi SPID. Saat ini Pemerintah Daerah sudah menyelesaiakan SPID sekarang tinggal integrasi SPID dengan BPD," katanya, Rabu (23/12/2020).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bali I Dewa Putu Sunarta mengakui pembayaran gaji untuk PNS pada 4 Januari 2021 mendatang memang menjadi pertanyaan bagi tiap daerah di Bali. Saat ini pihaknya berupaya untuk terus melakukan koordinasi dengan BPD Bali terkait sistem pembayaran yang berbasis SPID mulai tahn depan.

Apalagi, saat ini SPID belum kunjung dirilis secara resmi. Rencananya, SPID akan dirilis pada 24 Desember 2020 besok, tetapi terjadi perubahan jadwal.

"Lalu tanggal 4 [pembayaran gaji PNS 4 Janauari 2020], menjadi pertanyaan untuk daeah, bisa tidak merealisasikan pembayaran gaji, kan itu pertanyaan kita, pertemuan hari ini kami dinsiasi untuk melakukan koordinasi dengan BPD Bali yang telah mendukung dari sisi sistem pembayaran," sebutnya.

Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Horas Maurits Panjaitan memproyeksi SPID di Bali bisa dirilis pada 28 Desember 2020 atau 29 Desember 2020. Setelah sistem disahkan, pihaknya akan mengejar realisasi pembayaran pada 4 Januari 2021.

Maurits pun mendukung skenario yang disiapkan oleh BPD Bali terkait sistem pembayaran melalui SP2D yang dalam waktu dekat akan direalisasikan. Tahap awal penerapan SPID diharapkan tidak terhambat dalam hal pembayaran.

"Dua skenario yang disampiakan itu, bisa dilakukan, kami bisa integrasikan. BPD kami yakin siap mengintegrasikan sistem pembayaran pada tahun depan. SPID Sudah buat template format untuk mendaftar gaji dalam rangka pembayaran," sebutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top