Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ITDC Bali Fokus Pasar Domestik Atasi Penurunan Wisman China

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bakal fokus menggarap pasar wisatawan domestik dengan program great sale.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  16:44 WIB
Managing Director ITDC Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita. - Dok pribadi
Managing Director ITDC Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita. - Dok pribadi

Bisnis.com, DENPASAR - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bakal fokus menggarap pasar wisatawan domestik dengan program great sale untuk mengantisipasi penurunan wisatawan mancanegara dampak virus corona.

Managing Director ITDC Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan konsep great sale ini dalam bentuk diskon paket hotel dan restoran.

"Ini akan menjadi solusi penurunan jumlah wisatawan akibat virus corona. Kawasan Nusa Dua menjadi daerah yang paling berdampak oleh keberadaan virus ini," jelasnya di Ruang Tirta Empul, Gedung Bank Indonesia Bali dalam acara Hospitality Leaders Talk, Rabu (12/2/2020).

Menurut Ngurah Ardita potensi wisman domestik sangat besar karena selama ini banyak yang berwisata ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Vietnam. Diharapkan dengan adanya paket diskon ini, wisatawan domestik yang menunda berwisata ke luar negeri akan beralih ke Bali.

Adapun seputar dampak Corona, Ngurah Ardita mengatakan ada pembatalan dan penundaan sementara penginapan per Januari sampai April 2020 terdapat 51.000 room night dari 5.121 kamar yang ada.

"Data ini diambil per Minggu kemarin dari total di 22 hotel kawasan Nusa Dua," jelasnya.

Selain itu, untuk pariwisata MICE juga terdapat penundaan, karena sebagian besar dari China. Setidaknya ada 5 event dalam bulan Februari ini yang dibatalkan dengan sekitar 5.200 peserta.

Untuk kerugian yang diperoleh belum dapat dihitung. Karena harga setiap room night berbeda setiap hotelnya. "Diperkirakan, kerugian dominan terdapat pada bulan Februari 2020," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top