Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Revolusi Industri, AWCF Kumpul di Bali Bahas Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

100 anggota Asian Workers’ Compensation Forum mengadakan pertemuan di Bali untuk mendiskusikan perkembangan jaminan sosial ketenagekerjaan pada masa revolusi industri.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 22 Januari 2019  |  17:45 WIB
Ilustrasi logo revolusi industri 4.0. - Reuters/Wolfgang Rattay
Ilustrasi logo revolusi industri 4.0. - Reuters/Wolfgang Rattay

Bisnis.com, DENPASAR – 100 anggota Asian Workers’ Compensation Forum mengadakan pertemuan di Bali untuk mendiskusikan perkembangan jaminan sosial ketenagekerjaan pada masa revolusi industri.  

Adapun Asian Workers’ Compensation Forum (AWCF) adalah sebuah organisasi internasional yang fokus terhadap penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya terkait kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

AWCF pertama kali berdiri pada tahun 2012 dengan anggota yang terdiri dari 13 institusi penyelenggara jaminan sosial dari 10 negara di Asia.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan pertemuan ini akan membahas tren perkembangan perlindungan kecelakaan kerja di tengah kondisi revolusi industri 4.0 yang sedang terjadi.

Inovasi dan masukan regulasi jaminan sosial ketenagakerjaan perlu dilakukan dalam menghadapi perkembangan revolusi industry tersebut. Inovasi yang dilahirkan diharapkan dapat menguntungkan masyarakat dalam hal ini adalah pekerja.  

Seminar inipun  menghadirkan beberapa narasumber seperti Kementerian Ketenagakerjaan RI, Bappenas diwakili oleh Maliki , Kantor Staff Kepresidenan, International Sosial Security Association (ISSA), International Labour Organization (ILO), dan Japan International Cooperation Agency (JICA). Narasumber terkait kesehatan juga hadir dalam seminar ini.

“Hadirnya para pakar dan praktisi kesehatan kerja tentunya akan memberikan pencerahan kepada para audiens yang hadir dalam menghadapi revolusi dalam industry,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, selain membahas perkembangan jaminan sosial ketenagakerjaan, pertemuan juga akan mengadakan pemilihan Chairman ke-4 AWCF untuk periode 2018-2020. Adapun Chairman AWCF ke-3 yakni Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto.

 “Sebagai lembaga yang memberikan perlindungan bagi Pekerja Indonesia tentunya kegiatan hari ini merupakan sumbangsih kita kepada masyarakat Asia untuk memahami pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali Revolusi Industri 4.0
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top