Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Analisis Pemicu Gempa 5,4 SR di Bali

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi tektonik yang mengguncang Bali memiliki kekuatan 5,4 skala Richter yang terjadi sekitar pukul 06.48 Wita, Kamis (23/8/2018).
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, DENPASAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi tektonik yang mengguncang Bali memiliki kekuatan 5,4 skala Richter yang terjadi sekitar pukul 06.48 Wita, Kamis (23/8/2018).

"Hingga pukul 07.15 Wita, hasil monitoring kami belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang," kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, Taufik Gunawan di Denpasar, Kamis.

BMKG menyebutkan gempa tersebut berpusat sekitar 103 KM Barat Daya Denpasar dengan kedalaman sekitar 10 KM. Episenter gempa bumi terletak di wilayah Samudera Hindia Selatan Bali tepatnya pada koordinat 9,48 lintang selatan dan 114,75 bujur timur.

Taufik menyatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi berkedalaman dangkal itu diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik," katanya.

Dampak gempa tersebut, lanjut dia berdasarkan laporan masyarakat dirasakan di Kuta, Jimbaran, Denpasar, Gianyar hingga Mataram Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Gumuk Mas Jember.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami," ujar Taufik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler