Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mataram Kembangkan Wisata Konservasi Penyu

Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan melakukan kajian terhadap wacana pengembangan wisata konservasi penyu dalam rangka meningkatkan angka kunjungan wisatawan di daerah itu.

Binsis.com, MATARAM—Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan melakukan kajian terhadap wacana pengembangan wisata konservasi penyu dalam rangka meningkatkan angka kunjungan wisatawan di daerah itu.

"Kajian pengembangan wisata konservasi penyu ini untuk mendukung aktivitas masyarakat di kawasan Mapak Indah yang aktif melakukan penetasan telur penyu kemudian melepaskannya ke perairan bebas," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Mataram Emir Rumair di Mataram, Jumat (22/9/2017).

Ia mengakui, potensi penangkaran telur penyu di kawasan Mapak Indah memang cukup bagus, dan memungkinkan untuk dikembangkan menjadi sebuah objek wisara konsevasi penyu.

Apalagi dengan melihat keseriusan dan komitmen warga sekitar untuk menjaga keberlanjutan hewan langka yang dilindungi itu cukup tinggi, karena telur-telur penyu yang ditetaskan didapat dari penyu yang "nyasar".

Namun demikian, kajian dan evaluasi harus tetap dilakukan sebelum rencana tersebut berjalan, karena salama ini warga melakukan penangkaran penyu sebatas kebetulan menemukan penyu yang terdampar di perairan itu.

"Jika ini memang terjadi setiap tahun pada musim-musim tertentu, bisa kita programkan dan rencanakan menjadi objek wisata edukasi," katanya.

Di samping itu, kepemilikan lahan untuk penangkaran juga harus dipastikan, sebab informasinya lahan yang digunakan untuk penangkaran penyu saat ini bukan milik warga sekitar.

"Jadi kalau kita ingin mengembangkan kawasan Mapak Indah menjadi objek wisata konservasi penyu, lahan tersebut harus kita bebaskan," ujarnya.

Menurut Emir, seringnya penyu terdampar di wilayah Mapak Indah karena suhu, kualitas dan kondisi pasir, serta kecepatan arus di kawasan Mapak Indah cukup mendukung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper