Efek Asian Games, Bookingan Hotel di Bali Naik 15%

Oleh: Feri Kristianto 29 Agustus 2018 | 20:19 WIB
Efek Asian Games, Bookingan Hotel di Bali Naik 15%
Hard Rock Hotel Bali/Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR—Bali Hotel Association memprediksi dampak pelaksanaan Asian Games di Jakarta akan merembet ke Bali mulai awal September setelah penutupan event empat tahunan tersebut.

 

Ketua Bali Hotel Association (BHA) Ricky Putra mengatakan hingga saat ini wisatawan peserta, atlet hingga official Asian Games yang sudah melakukan pemesanan kamar di sejumlah hotel di pulau Dewata sebesar 5%-10%.

Pihaknya berharap mendekati awal minggu ini, sudah semakin terlihat kunjungan dari wisatawan negara peserta Asian Games yang berlomba di Jakarta.

 

“Kalau kami perhatikan sejauh ini kami dari asosiasi melihat ada penambahan sekitar 5%-10% tetapi belum secara resmi bisa terlihat spesifik apakah dari official atau atletnya,” jelasnya, Rabu (29/8/2018).

 

Ricky menyampaikan jika kunjungan dampak dari multi event terbesar di Asia tersebut terjadi, diperkirakan dampak peningkatan hunian kamar di Bali bisa kisaran 15%-20%.

Dia menjelaskan dari pengalaman setiap ada hajatan di Jakarta, hotel yang terdampak di Bali biasanya segmen menengah atau medium rate.

 

Kendati demikian, tidak memungkinkan juga hotel bintang lima akan terisi karena peraih medali emas berpotensi mendapatkan bonus dari negaranya. Adapun lama menetap wisatawan Asian Games diperkirakan akan selama 3-4 hari.

 

“Kami sih optimis meskipun masih kecil dampaknya, karena jarak Jakarta ke Bali itu dekat. Selain itu, pasti mereka tidak mau rugi ke Indonesia hanya ke Jakarta tanpa mampir ke Bali,”paparnya.

 

Ricky mengaku bersyukur dengan pelaksanaan Asian Games karena akan menopang tingkat hunian kamar. Ditambah lagi, sekarang ini masih memasuki periode high seasion dan pada Oktober akan berlangsung IMF & World Bank Group Annual Meeting di Nusa Dua.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya