Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLN Antisipasi Lonjakan Penggunaan Listrik Akhir Tahun

PT PLN siap mengantisipasi lonjakan penggunaan daya listrik saat liburan Natal dan Tahun Baru di kawasan pariwisata Kuta, Nusa Dua dan sekitarnya.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 19 Desember 2018  |  16:16 WIB
Ilustrasi. - Reuters
Ilustrasi. - Reuters

Bisnis.com, MANGUPURA — PT PLN siap mengantisipasi lonjakan penggunaan daya listrik saat liburan Natal dan Tahun Baru di kawasan pariwisata Kuta, Nusa Dua dan sekitarnya.

Manager PLN Area Kuta Putu Karyana saat mengatakan akan menyiagakan personel di sejumlah pos jaga selama libur akhir tahun tersebut.

“Lonjakan penggunaan listrik karena aktivitas perayaan Natal dan malam pergantian tahun,” katanya, Rabu (19/12/2018).

Menurut Karyana untuk pemeliharaan sistem pembangkit di wilayahnya telah ditunda dari Desember 2018 ke Januari 2019. Oleh karenanya pasokan listrik selama Natal dan tahun baru sudah sangat siap karena dengan penundaan pemeliharaan tersebut tidak adal lagi pemadaman berencana pada bulan ini.

Ia menambahkan dalam melakukan pelayanan pihaknya juga menyiapkan mobil teknis di setiap posko. Untuk di wilayah Badung selatan, beban puncak memang paling tinggi karena merupakan daerah pariwisata yang paling banyak terdapat akomodasi pariwisata.

Kondisi beban puncak untuk wilayah Bali tahun lalu, kata Karyana, terjadi pada Oktober. Tetapi tahun terjadi pergeseran yakni beban puncak terjadi pada April. Sedangkan, untuk akhir tahun biasanya beban puncak mulai berkurang.

GM PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa belum lama ini mengatakan pihaknya tengah berupaya membatasi penggunaan bahan bakar minyak dengan gas. Ia berharap dalam kondisi ini masyarakat agar berhemat menggunakan energi listrik.

“Penghematan 20 watt saja dalam sehari maka secara total Bali bisa hemat 28 MW,” katanya.

Saat ini beban puncak listrik di Bali mencapai 860 MW dengan daya mampu 1.200MW.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top