Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Patra Niaga Kembangkan Perhutanan Sosial di Karangasem

Pertamina Patra Niaga mengembangkan perhutanan sosial bertajuk agroforestri hutan Desa Maha Wana Basuki di Desa Besakih Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem.
Penanaman pohon pada program pengembangan hutan sosial di Desa Wana Basuki, Karangasem. Program ini diinisiasi oleh Pertamina Patra Niaga. Bisnis/istimewa
Penanaman pohon pada program pengembangan hutan sosial di Desa Wana Basuki, Karangasem. Program ini diinisiasi oleh Pertamina Patra Niaga. Bisnis/istimewa

Bisnis.com, DENPASAR - Pertamina Patra Niaga mengembangkan perhutanan sosial bertajuk agroforestri hutan Desa Maha Wana Basuki di Desa Besakih Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem. Program ini terbentuk dari kolaborasi antara PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Integrated Terminal Manggis, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, UPTD KPH Bali Timur dan Kelompok hutan Desa Maha Wana Basuki. 

Program perhutanan sosial sejalan dengan visi misi Gubernur Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru. Dalam bidang kehutanan, salah satu hal penting secara sekala dan niskala yang harus diperhatikan yaitu wana kerthi yang berarti upaya untuk menjaga kesucian atau kelestarian hutan dan pegunungan.

Kegiatan pengembangan agroforestri ini dilakukan di hutan Desa Besakih dengan luasan area 2 hektare melalui kegiatan penanaman pohon dan edukasi dari UPTD KPH Bali Timur terkait tata cara penanaman dan perawatan pohon. Pertamina Integrated Terminal Manggis memberikan bantuan berupa 1600 pohon yang terdiri 400 bibit pohon alpukat aligator, 200 bibit pohon aren, 200 bibit pohon nangka dan 800 bibit pohon nangi. 

Integrated Terminal Manager Manggis, Subhan Fajri menjelaskan tidak hanya bibit pohon tetapi juga didukung bantuan sarana kegiatan penanaman, mulai dari pupuk tanaman, cangkul, bak cuci tangan dan ajir (batang penyangga pohon). Seluruh bantuan ini diserahkan kepada ketua kelompok pengelola hutan desa Maha Wana Basuki.

“Setiap perusahaan memiliki Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada area disekitarnya. Pertamina Integrated Terminal Manggis bertempat di Kabupaten Karangasem begitu pula dengan Desa Besakih. Untuk itu, kami ingin mengembangkan hutan desa dalam kegiatan agroforestri hutan Desa Besakih. Alangkah baiknya jika antusiasme dari anggota kelompok terus dipertahankan agar keberlangsungan program dapat terwujud”, jelas Subhan  dari siaran pers, Senin (2/10/2023)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, I Made Teja menjelaskan melalui program yang diinisiasi oleh Pertamina Patra Niaga, masyarakat dapat memamfaatkan sekaligus melestarikan hutan secara optimal. 

"Ada lima skema perhutanan sosial yaitu hutan hesa, hutan kemasyarakatan, hutan tanaman Rmrakyat, hutan adat, dan kemitraan hutan. Program perhutanan sosial ini muncul disebabkan adanya fenomena masyarakat di sekitar kawasan hutan yang memiliki ketergantungan terhadap kawasan hutan. Untuk itu melalui program ini diharapkan masyarakat dapat memberikan kontribusi terhadap kelesatrian hutan, sekaligus memberikan kesejahteraan bagi masyarakqat itu sendiri”, ujar Teja.

Hutan di Desa Besakih memiliki luas 187 hektare, mayoritas terdiri dari tumbuhan kayu yaitu kayu pinus yang sangat rentan terhadapa abu vulkanik akan tetapi saat ini hamper 70 persen nya mengalami kerusakan. Kelompok Maha Wana Basuki sejak tahun 2017 telah merancang berbagai jenis kegiatan pengelolaan hutan, mulai dari kegiatan wisata hingga pelestarian pohon dihutan. Akan tetapi memiliki kendala dalam implementasinya karena keterbatasan anggaran karena dalam anggan desa hanya sekitar 30 persen.

Area Manager Comm, Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjelaskan pelaksanaan program TJSL Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs) dengan semangat energizing community. Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Kegiatan agroforestri memiliki beragam manfaat, salah satunya mencegah terjadinya erosi tanah, degradasi lingkungan, perlindungan keanekaragaman hayati, perbaikan tanah melalui fungsi serasah tumbuhan, pagar hidup, pohon pelindung, pemecah angin dan pengelolaan sumber air secara lebih baik. Melalui kegiatan yang dilaksanakan di area Pertamina Integrated Terminal Manggis ini harapan kami dapat mendukung capaian pembangunan berkelanjutan SDGs, khususnya tujuan ke-13, penanganan perubahan iklim, tujuan ke-15 ekosistem daratan dan tujuan ke-17 kemitraan untuk mencapai tujuan”, ujar Ahad. 

1696555705_28a32638-5a85-4ca4-97e9-4014e47e908a.
1696555705_28a32638-5a85-4ca4-97e9-4014e47e908a.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper