Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bali Bidik Pariwisata Premium pada 2023

World Tourism Network Travel Summit dijadwalkan berlangsung pada 2023 hingga event ASEAN Summit pada Desember 2023.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 04 November 2022  |  21:52 WIB
Bali Bidik Pariwisata Premium pada 2023
Delegasi peserta Annual Meeting IMF-World Bank Group 2018 menonton atraksi budaya di salah satu destinasi wisata di Gianyar, Bali, Sabtu (13/10). - Bisnis/Ema Sukarelawanto
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR – Pelaku pariwisata Bali fokus membidik pariwisata premium pada 2023 di tengah isu resesi global yang melanda sejumlah negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Sejumlah pelaku pariwisata masih optimis pariwisata Bali tetap tumbuh pada 2023 meskipun sejumlah negara yang menjadi sumber wisman Bali diprediksi akan terkena resesi pada 2023. Ketua Bali Tourism Board (BTB) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana optimis wisman akan tetap datang ke Bali pada 2023.

“Meskipun resesi kami yakin wisman akan tetap ke Bali, memang ada yang menunda perjalanan tetapi market premium tetap jalan. Karena itu saat ini kami fokus untuk menggaet wisman premium untuk datang ke Bali,” jelas Partha, Jumat (4/11/2022).

Partha menjelaskan pengalaman Bali selama dua tahun menghadapi pandemi, dengan kearifan lokalnya membuktikan Bali mampu bertahan melewati pandemi covid-19. Hal tersebut akan menjadi modal Bali kuat bagi Bali untuk menghadapi berbagai krisis di masa depan. Dalam kearifan lokal Bali, ketenangan dan kedamaian menjadi kunci menghadapi krisis seperti pandemi.

Optimisme pariwisata Bali juga didukung dengan sudah terjadwalnya berbagai kegiatan mice berskala besar di Bali, mulai dari World Tourism Network Travel Summit dijadwalkan berlangsung pada 2023 hingga event ASEAN Summit pada Desember 2023. Kepala Perwakilan BI Bali, Trisno Nugroho menjelaskan sudah ada 15 agenda mice yang terjadwal pada 2023 dan akan berpotensi bertambah.

“Bali menjadi pilihan utama untuk kegiatan mice berskala besar, baik nasional dan internasional. Apalagi dengan adanya G20 akan semakin membranding Bali sebagai pusat mice di Indonesia. Kami optimis pada 2023 Bali akan semakin tumbuh,” jelas Trisno.

Trisno juga menjelaskan ekonomi Bali juga semakin membaik pada 2023 seiring dengan pulihnya industri pariwisata Bali. pertumbuhan ekonomi Bali pada kuartal II/2022 sudah di angka 3,04 persen, membaik dibanding kuartal I/2022 yang tumbuh 1,46 persen. 

Selain itu, pada 2023 kunjungan wisatawan nusantara dinilai akan meningkat signifikan pada 2023 seiring dengan tetap tumbuhnya ekonomi dalam negeri. sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga menjelaskan jika pada 2023 masyarakat akan didorong berwisata di dalam negeri sehingga pariwisata domestik akan hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata bali g20
Editor : Feri Kristianto
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top