Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang MXGP, UMKM Sumbawa Didorong Gunakan QRIS

Alat pembayaran digital seperti QRIS, bias memudahkan penonton yang berbelanja bertransaksi.
Ilustrasi penggunaan QRIS./Antara-Ahmad Subaidi
Ilustrasi penggunaan QRIS./Antara-Ahmad Subaidi

Bisnis.com, MATARAM – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di pulau Sumbawa didorong segera menggunakan alat transaksi digital QRIS sebagai alat pembayaran untuk meningkatkan keuntungan UMKM saat event Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia di Samota.

Kepala Perwakilan BI NTB, Heru Saptaji, menjelaskan tersedianya alat pembayaran digital seperti QRIS, bias memudahkan penonton yang berbelanja bertransaksi tanpa harus menyediakan uang tunai dalam jumlah banyak.

“MXGP Samota bisa menjadi momentum UMKM di Sumbawa meningkatkan profit, kami mendorong UMKM yang membuka stand di Samota bisa menyediakan QRIS sebagai bagian dari usaha membangun ekosistem UMKM berbasis digital yang inklusif,” jelas Heru dikutip dari rilis, Kamis (9/6/2022).

Potensi penonton yang mencapai 75.000 orang pada event paling bergengsi motocross tersebut, dinilai akan mendorong tumbuhnya perekonomian pulau Sumbawa dan hidupnya usaha baru yang melibatkan masyarakat setempat seperti homestay, transportasi, dan destinasi wisata di Sumbawa.

“Dengan potensi tersebut, kami juga mendorong generasi muda khususnya mahasiswa di pulau Sumbawa menjadi pengusaha, saat ini usaha berbasis digital sedang menjadi tren dan generasi muda Sumbawa harus menangkap peluang tersebut,” kata dia.

Laju pertumbuhan ekonomi NTB yang terus tumbuh positif pada kuartal I/2022 yang mencapai 7,76 persen, dinilai cocok untuk iklim usaha dan investasi. Menurut Heru, tingginya permintaan barang dan jasa di NTB belum didukung dengan ketersediaan di pasar lokal, sehingga konsumen harus mendatangkan dari luar daerah. Kondisi tersebut sering menyebabkan tingginya inflasi di NTB.

“Pemenuhan terhadap permintaan barang dan jasa yang tinggi ini harus dapat dilihat sebagai peluang usaha khususnya bagi UMKM di NTB. Karena pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan sia-sia jika dibarengi dengan inflasi yang tinggi. Jika UMKM NTB mampu memenuhi permintaan barang dan jasa maka kualitas ekonomi NTB semakin baik dan inflasi semakin terkendali,” ujar Heru. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper