Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kargo ke NTB Mulai Meningkat Menjelang Lebaran

Pengusaha sudah menyiapkan sebagian besar armada kargo di Jakarta dan Bandung yang menjadi sumber terbesar angkutan kebutuhan lebaran yang masuk ke NTB.
Ilustrasi./Antara-Aji Styawan
Ilustrasi./Antara-Aji Styawan

Bisnis.com, MATARAM - Pengiriman barang kebutuhan Ramadan dan Lebaran ke Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui jasa kargo mulai menunjukkan peningkatan.

Owner PT Ginta Cargo, Agus Salim Harahap menjelaskan sejak awal Ramadan pengiriman mulai meningkat secara bertahap tetapi belum signifikan, peningkatan mulai terlihat dari bertambahnya jumlah armada kargo yang berangkat membawa barang kiriman konsumen, dari awalnya hanya satu armada sebelum Ramadan menjadi dua armada saat Ramadan.

"Peningkatannya belum signifikan di minggu pertama Ramadan, biasanya mulai meningkat signifikan pada minggu kedua. Sekarang yang baru terlihat meningkatnya pengiriman dari Jakarta ke NTB," jelas Agus melalui telepon pada Selasa (12/4/2022).

Ginta Cargo sudah menyiapkan sebagian besar armada kargo di Jakarta dan Bandung yang menjadi sumber terbesar angkutan kebutuhan lebaran yang masuk ke NTB. "Kami sudah antisipasi puncak pengiriman di 10 hari jelang lebaran itu tinggi sekali, sehingga armada kami sudah siap di Jakarta dan Bandung karena barang seperti baju, fesyen, dan kebutuhan Lebaran lainnya datang dari dua kota ini," kata Agus.

Aktivitas angkutan Cargo yang membawa barang kebutuhan Lebaran diprediksi meningkat pada Ramadan tahun ini dibandingkan Ramadan 2021. "Potensi peningkatan dibanding tahun lalu ada, kami berharap ada peningkatannya, hanya untuk angkanya kami belum bisa pastikan," ujar Agus.

Aktivitas bongkar barang di Pelabuhan mulai meningkat seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat pada 2022. Data Badan Pusat Statistik (BPS) NTB mencatat, pada Februari 2022 barang yang dibongkar di pelabuhan NTB sejumlah 238.624 ton, meningkat dibanding Februari 2021 dengn jumlah 189.901 ton. Sedangkan barang yang dibongkar melalui kargo penerbangan domestik 565.531 kg, naik 6,45 persen dibanding Februari 2021. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper