Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Tuan Rumah G20, NTB Terapkan Travel Bubble untuk Delegasi

Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menerapkan travel bubble kepada seluruh delegasi G20 yang menghadiri pertemuan di provinsi tersebut. Langkah tersebut diambil untuk menekan penyebaran Covid-19.
Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah./Istimewa
Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah./Istimewa

Bisnis.com, MATARAM – Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menerapkan travel bubble kepada seluruh delegasi G20 yang menghadiri pertemuan di provinsi tersebut. Langkah tersebut diambil untuk menekan penyebaran Covid-19.

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah menjelaskan bahwa NTB mulai mempersiapkan diri sebagai tuan rumah sejumlah kegiatan G20. Salah satu yang disiapkan NTB adalah mekanisme travel bubble bagi para delegasi G20.

“Bagi delegasi yang hadir di NTB akan menggunakan sistem bubble atau travel bubble, itu sedang kami persiapkan dengan baik, sehingga pertemuan delegasi di NTB akan berlangsung dengan lancar,” jelas Rohmi dari keterangan tertulis pada Jumat (28/1/2022).

Rohmi menjelaskan, penyebaran Covid-19 di NTB saat ini cukup terkendali dengan baik dan tidak akan mengganggu pertemuan delegasi G20.

Hingga Januari 2022, NTB sudah menerapkan PPKM Level I, di mana kegiatan berkumpul dengan protokol kesehatan sudah diperbolehkan.

“Kami saat ini masih pada PPKM level I, dan saat ini vaksinasi dosis kedua di NTB mencapai 70 persen. Kami terus tingkatkan untuk persiapan G20,” jelasnya.

Hadirnya para delegasi G20 dan undangan, kata dia, diharapkan dapat memberi dampak terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB yang terkena dampak Covid-19.

“Dipercayanya NTB sebagai tuan rumah menjadi momentum kebangkitan pariwisata NTB,” kata Rohmi.

Sebelumnya, Sekretaris Menteri Koordinator Perekonomian RI Susiwijono Moegiarso menjelaskan bahwa 19 kota di Indonesia menjadi tempat rangkaian pertemuan G20 yang sudah dimulai pada Desember 2021 hingga puncaknya nanti di November 2022.

“Ada sekitar 150 pertemuan dengan 20.988 delegasi yang hadir dalam rangkaian G20 di Indonesia. Ada 19 pertemuan tingkat menteri. Tujuh pertemuan tingkat deputi, 70 pertemuan working group, ditambah side events, dan 51 pertemuan engagement group,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper