Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjir Terjang Lombok Barat, Objek Wisata Senggigi Ditutup

Luapan Sungai Meninting mengakibatkan jembatan tak bisa dilewati hingga menyebabkan kawasan Objek Wisata Senggigi ditutup.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  12:43 WIB
Kondisi jembatan penghubung Kota Mataram ke objek wisata Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pagi nyaris ambruk setelah diterjang banjir bandang di Sungai Meninting sejak Senin(6/12 - 2021) pagi.
Kondisi jembatan penghubung Kota Mataram ke objek wisata Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pagi nyaris ambruk setelah diterjang banjir bandang di Sungai Meninting sejak Senin(6/12 - 2021) pagi.

Bisnis.com, SOLO - Banjir yang menerjang Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mengakibatkan kawasan objek wisata Senggigi ditutup.

Penutupan tersebut diakibatkan jembatan tertutup air akibat luapan Sungai Meninting pada Senin (6/12/2021).

Melansir dari Antara, selain menimbulkan genangan air, jembatan sudah mulai goyang karena diterjang banjir dari luapan Sungai Meninting.

Karena itu petugas kepolisian menutup akses jalan, baik menuju Kota Mataram maupun sebaliknya, menuju ke objek wisata Senggigi, Lombok Barat.

Banyak kendaraan, khususnya sepeda motor, terjebak di genangan air tersebut dan harus mendorong ke tempat yang aman karena mesin mati.

Banyak pula warga yang berbondong-bondong mengungsi ke Kota Mataram karena rumahnya yang berada di bantaran sungai tersebut tergenang banjir.

Sebelumnya, sejumlah warga di Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Senin (6/12) terpaksa mengungsi ke tempat aman setelah rumahnya terendam banjir.

Banjir tersebut akibat meluapnya Sungai Meninting yang berada di kawasan tersebut setelah hujan lebat mengguyur kawasan sekitarnya sejak Minggu (5/12) sampai Senin (6/12).

"Banyak warga yang masih terjebak banjir dan belum diselamatkan dari rumahnya," kata Amin, salah seorang warga.

Tak hanya Batu Layar, Kecamatan Gunung Sari juga dikepung banjir dengan tinggi air diperkirakan mencapai 100 cm.

"Cuaca ekstrem memicu hujan lebat yang mengguyur wilayah Lombok Barat sehingga menyebabkan banjir di Desa Ranjok, Kecamatan Gunung Sari. Saat ini air masih menggenangi desa tersebut dengan tinggi muka air berkisar 50 – 100 cm," kata Muhari dalam keterangan dikutip dari laman resmi BNPB.

BPBD Kabupaten Lombok Barat menyatakan tim reaksi cepat (TRC) telah melakukan pendataan, koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa, serta patroli untuk memantau kondisi warga yang terkena dampak banjir.

Melihat kondisi cuaca di wilayah NTB, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi bahaya hidrometeorologi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir senggigi lombok

Sumber : Antara

Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top