Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Angkutan Kargo Meningkat 45 Persen saat Event di Mandalika

Selama pandemi Covid-19, bisnis pengiriman tetap eksis bahkan meningkat.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 02 Desember 2021  |  15:06 WIB
Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah membuka Musyawarah Nasional (Munas) IPCN di Senggigi, Lombok Barat. - Bisnis/Harian Noris Saputra
Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah membuka Musyawarah Nasional (Munas) IPCN di Senggigi, Lombok Barat. - Bisnis/Harian Noris Saputra

Bisnis.com, MATARAM - Event balap World Superbike di sirkuit Mandalika berdampak bagi meningkatnya bisnis kargo di Nusa Tenggara Barat.

Pengiriman barang atau logistik melalui kargo meningkat sejumlah 45 persen selama event Wolrd Superbike, dan diprediksi terus meningkat saat event MotoGP 2022 di Mandalika.

Pengurus Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) NTB Agussalim Harahap menjelaskan saat World Superbike angkutan logistik meningkat hingga dua hingga tiga truk per hari.

"Memang ada peningkatan hingga 45 persen, perusahaan saya misalnya, saat normal memberangkat 1 truk logistik atau barang kiriman ke luar NTB. Saat World Superbike bisa 3 truk per hari yang berangkat, begitu juga dengan yang datang dari luar daerah," jelas Agus.

Selama pandemi Covid-19, Agus menjelaskan bisnis pengiriman tetap eksis, bahkan meningkat di tengah menurunnya usaha sektor lain. "Setiap hari pasti kargo kami berangkat, minimal 1 truk, di tengah pandemi justru pengiriman barang meningkat," kata dia.

Ketua Umum IPCN Beni Syarifuddin menjelaskan event di Mandalika berpotensi meningkatnya bisnis kargo di NTB. "Potensi di Mandalika sangat menjanjikan, event ini mendatangkan wisatawan tentu akan membutuhkan logistik yang lebih banyak dan bisnis kargo otomatis meningkat," jelas Beni pada Kamis (2/12/2021).

Pengusaha kargo mengaku akan meningkatkan kualitas pelayanan di NTB seiring dengan banyaknya event di Mandalika. "Tentu pelayanan akan terus kami tingkatkan, sehingga kualitasnya terus meningkat. Kami juga memiliki target bagaimana produk UMKM NTB bisa terkirim dengan luar daerah dan luar negeri, dengan jaringan IPCN, kami siap membantu UMKM," ujar Beni.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah yang meminta peningkatan kualitas layanan kargo untuk NTB menjelang MotoGP dan event Internasional lainnya.

"Tahun 2022 di Mandalika banyak event mulai dari MotoGP, World Superbike juga kembali digelar. Saya meminta peningkatan kualitas layanan kargo terutama yang membawa barang yang berkaitan dengan event di Mandalika," ujar Rohmi. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik kargo ntb KEK Mandalika
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top