Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Kupang Anggarkan Rp12 Miliar Perkuat Sektor Pertanian

Penanganan program pembangunan sektor pertanian mengalami keterlambatan sebagai dampak pandemi Covid-19, namun tertangani setelah adanya alokasi anggaran sebesar Rp12 miliar.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, KUPANG - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalokasikan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk mendukung program revolusi bidang pertanian.

"Anggaran sebesar Rp12 miliar itu untuk mendukung kesuksesan program unggul Bupati dan Wakil Bupati Kupang dalam pembangunan sektor pertanian," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Pandopotan Siallagan ketika dihubungi di Kupang, Kamis (19/8/2021).

Dia mengatakan, adanya anggaran Rp12 miliar itu dapat membangkitkan kembali pembangunan sektor pertanian di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, penanganan program pembangunan sektor pertanian melalui program 5P mengalami keterlambatan sebagai dampak pandemi Covid-19, namun hal itu sudah bisa tertangani setelah adanya alokasi anggaran sebesar Rp12 miliar yang bersumber dari APBD II Kabupaten Kupang.

Ia mengatakan anggaran sebesar Rp12 miliar itu diperuntukan bagi kegiatan pembangunan dua unit embung dan pengadaan benih, saprodi serta alat mesin pertanian.

Ia menambahkan Pemerintah Kabupaten Kupang belum mendapat dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan sektor pertanian karena daerah ini belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

"Kami masih mengodok Ranperda LP2B. Kami berharap pada 2022 sudah ada Perda sehingga daerah ini segera memiliki anggaran DAK fisik berkelanjutan pada 2022,"tegasnya.

Dia menjelaskan apabila sudah ada Perda maka pihaknya akan berkordinasi dengan Bupati Kupang, Korinus Masneno untuk memberikan dukungan proposal untuk pengajuan anggaran DAK fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper