Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Covid-19 di Bali Turun, Pangdam Udayana Singgung Pengetatan Prokes

Pengetatan protokol kesehatan yang telah digencarkan membuat jumlah kasus Covid-19 di Bali menurun.
Ilustrasi - Pegawai hotel melayani wisatawan di kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Selasa (3/3/2020)./Antara-Nyoman Hendra Wibowo
Ilustrasi - Pegawai hotel melayani wisatawan di kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Selasa (3/3/2020)./Antara-Nyoman Hendra Wibowo

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah kasus positif Covid-19 di Bali pada Senin (24/5/2021) mengalami penurunan dibandingkan hari sebelumnya.

Hal itu disampaikan Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dalam siaran persnya, Selasa (25/5/2021).

"Mereka diketahui terpapar dari 60 transmisi lokal. Sisanya satu pelaku orang perjalanan dalam negeri (PPDN) dan satu pelaku perjalanan luar negeri (PPLN)," kata Maruli.
 
Menurut Maruli, pengetatan protokol kesehatan yang telah digencarkan membuat jumlah kasus Covid-19 di Bali menurun. Diharapkan sektor pariwisata yang selama ini terkunci bisa dibuka kembali demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Maruli mengatakan berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Bali, warga terinfeksi Covid-19 di Pulau Dewata sudah mencapai 46.918 orang. Dengan perincian 43.669 transmisi lokal, 2.881 PPDN, dan 368 PPLN.

Sementara untuk peringkat lima besar kabupaten atau kota dengan kumulatif kasus terbanyak adalah Denpasar 14.863 orang, Badung 8.769 orang, Gianyar 5.303 orang, Tabanan 4.706 orang, dan Buleleng 3.980 orang.

"Untuk peringkat enam hingga sembilan diisi Bangli 2.454 orang, Jembrana 2.312 orang, Karangasem 1.914 orang, dan Klungkung 1.762 orang," paparnya.

Warga kabupaten lain yang tertular COVID-19 di Bali mencapai 694 orang. Sementara untuk WNA, jumlahnya sudah mencapai 161 orang.

Sebaran kasus baru ada di delapan kabupaten atau kota karena Jembrana nihil tambahan kasus. Tiga zona oranye mencatatkan tambahan belasan warga terjangkit, Denpasar 19 orang, Badung 14 orang, dan Gianyar 12 orang.

"Total dari ketiga zona oranye ini mencapai 45 orang atau sekitar 73 persen dari kumulatif tambahan kasus pada hari ini," ujar Jenderal bintang dua ini.

Dia menuturkan, enam kabupaten/kota mencatatkan tambahan kasus di bawah lima orang. Perinciannya, Kabupaten Bangli dan Tabanan masing-masing bertambah tiga orang, Klungkung, Karangasem, dan Buleleng masing-masing mencatatkan tambahan satu warga positif.

Selain itu, terdapat empat warga kabupaten lain dan WNA terkonfirmasi Covid-19. "Untuk pasien sembuh bertambah 66 orang dengan rincian Denpasar 30 orang, Badung 15 orang, Bangli sembilan orang, Buleleng enam orang, Gianyar lima orang, dan Klungkung satu orang," kata mantan Komandan Paspampres ini.

Sementara itu, data Selasa (25/5/2021) dari Satgas Penangangan Covid-19 Nasional menunjukkan kasus positif di Bali kembali turun menjadi 55, sementara kasus sembuh mencapai 76, dan kasus meninggal 5 orang.

Secara kumulatif hingga Selasa (25/5/2021) pukul 12.00 WIB kasus positif di Bali mencapai 46.973, kasus sembuh 44.733, dan kasus meninggal 1.480. 

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengungkapkan jumlah kasus Covid-19 di Bali mengalami penurunan.Hal tersebut memungkinkan kegiatan perekonomian di Bali kembali dilanjutkan, salah satunya dalam sektor pariwisata.

"Jumlah kasus [Covid] di Bali dalam beberapa minggu terakhir ini telah menunjukkan penurunan. Penurunan tersebut terjadi karena diberlakukannya kebijakan pendekatan terukur dengan memperhitungkan dua faktor krusial, yaitu memungkinkan kegiatan ekonomi untuk dilanjutkan dan menegakkan implementasi protokol kesehatan di seluruh Bali, termasuk di tingkat desa," kata Luhut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper