Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Lombok Mulai Gunakan Tes GeNose C19, Bayar Rp40.000 Sekali Tes

Bandara Internasional Lombok mulai menggunakan tes GeNose C19 sebagai salah satu persyaratan dokumen kesehatan dalam melakukan perjalanan dengan pesawat.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MATARAM - Bandara Internasional Lombok mulai menggunakan tes GeNose C19 sebagai salah satu persyaratan dokumen kesehatan dalam melakukan perjalanan dengan pesawat.

Penggunaan Genose C19 dimulai pada Kamis (29/4/2021). Angkasa Pura I memyediakan 2 unit mesin pemeriksaan, 4 bilik pemeriksaan, 2.000 kantong sampel pemeriksaan, 500 filter udara, dan 1 bilik isolasi jika ditemukan pasien terindikasi positif Covid-19.

General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati menjelaskan digunakannya tes GeNose C19 sebagai layanan kesehatan alernatif bagi calon penumpang pesawat maupun masyarakat umum.

"GeNose C19 merupakan layanan kesehatan alternatif selain rapid tes antigen dan tes Swab PCR yang sudah berlaku sebelumnya," ujar Nugroho dikutip dari rilis pada Kamis (29/4/2021).

Biaya tes GeNose di Bandara Lombok dipatok dengan harga Rp40.000 bagi calon penumpang pesawat dan Rp50.000 bagi masyarakat umum. Biaya tersebut jauh lebih murah dibanding rapid tes antigen seharga Rp170.000 sekali tes dan tes PCR seharga Rp950.000.

Nugroho menjelaskan bagi calon penumpang yang ingin melakukan tes GeNose harus datang maksimal 2 jam sebelum jadwal penerbangan.

"Bagi calon penumpang atau masyarakat yang hendak melakukan tes GeNose C19 untuk tidak makan minum, merokok dalam kurun waktu 30 menit sebelum tes," ungkap Nugroho.

Jika ditemukan indikasi positif dari tes GeNose, untuk memastikan statusnya akan dilakukan rapid test antigen atau RT PCR.

"Karena bisa jadi orang yang positif di tes GeNose karena tidak mematuhi persyaratan seperti makan minum, merokok sebelum tes, untuk memastikan harus rapid antigen atau RT PCR," ungkapnya.(K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper