Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diterjang Banjir, Jembatan Benenai di NTT Nyaris Ambruk

Pemkab Malaka telah menginformasikan  kondisi jembatan yang nyaris ambruk itu kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
Ilustrasi/ANTARA
Ilustrasi/ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA -- Banjir yang diakibatkan oleh hujan deras yang mengguyur Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Rabu lalu membuat jembatan Benenai mulai miring.

Penjabat Bupati Kabupaten Malaka, Viktor Manek yang dihubungi membenarkan bahwa kondisi Jembatan Benenai memang dalam kondisi miring akibat terjangan air banjir. 

"Kami sudah melakukan antisipasi dengan melakukan pembatasan terhadap kendaraan umum yang melintas di atas jembatan," kata Penjabat Bupati Viktor Manek ketika dihubungi, Sabtu.

Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka telah menginformasikan  kondisi jembatan yang nyaris ambruk itu kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pemkab Malaka, kata Viktor Manek, meminta warga di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Timor Leste itu untuk berhati-hati saat melintas di atas jembatan karena kondisi Jembatan Benenai semakin miring akibat hantaman banjir bandang yang telah merendam lebih dari 10 desa di daerah itu.

Selain itu pihaknya telah berkoordinasi dengan Kasat Lantas Polres Malaka untuk tidak mengizinkan kendaraan yang bermuatan 10 ton ke atas melintas di jembatan itu.

"Kami larang kendaraan yang memiliki muatan 10 ton ke atas supaya tidak diizinkan melintas di Jembatan Benenai karena kondisinya sangat membahayakan," kata Viktor.

Viktor mengatakan apabila Jembatan Benenai ambruk karena terus tergerus air banjir maka akses transportasi ke Betun, ibu kota Kabupaten Malaka dipastikan putus total.

Guna mengantisipasi hal itu, diperlukan membangun jalan alternatif sehingga akses transportasi ke empat kecamatan, termasuk menuju Kupang, tetap berlangsung normal.

"Kami akan minta Balai Jalan Nusa Tenggara II untuk membuka jalan alternatif agar akses untuk empat kecamatan di wilayah Barat termasuk transportasi ke Kupang tidak mengalami putus total, sehingga distribusi kebutuhan pokok masyarakat tetap dilakukan," tegas Viktor Manek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Edi Suwiknyo
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper