Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Savana Tianyar, Eksotisme Ala Afrika di Bali Timur

Savana Tianyar Karangasem, salah satu objek wisata dengan hamparan padang rumput di kaki Gunung Agung.
Savana Tianyar Karangasem.
Savana Tianyar Karangasem.

Bisnis.com, AMLAPURA – Selain wisata budayanya yang terkenal, Bali Timur memiliki eksotisme alam ala Afrika, meski di Pulau Dewata ini tanpa dilengkapi hewan buas yang berkeliaran secara bebas.

Savana Tianyar Karangasem, salah satu objek wisata dengan hamparan padang rumput di kaki Gunung Agung. Bagi pecinta wisata alam, tempat ini wajib masuk dalam bucket list.

Tempat ini populer di kalangan wisatawan karena dapat memanjakan mata dengan pemandangan padang rumput yang begitu luas dan memukau dengan latar belakang Gunung Agung.

Tempat ini memang menjadi lokasi terdampak yang berbahaya ketika Gunung Agung meletus. Namun, hal tersebut juga memberikan anugerah lain, berupa pemandangan indah serta tanah yang subur.

Selain padang rumput, Anda dapat berswafoto dengan kuda yang berkeliaran di kawasan ini. Salah satu pemilik kuda di tempat ini menuturkan jika kudanya kerap dijadikan objek foto oleh pengunjung yang datang.

“Terutama untuk orang yang sedang pre-wedding, kuda saya kerap dijadikan objek agar fotonya terlihat lebih dramatis,” ujar Nengah Yasa, Rabu (11/11/2020).

Savana Tianyar, Eksotisme Ala Afrika di Bali Timur

Yasa juga menjelaskan jika tidak memungut bayaran untuk menjadikan kudanya sebagai objek foto. “Saya tidak pernah mematok harga, namun biasanya wisatawan memberi bayaran seikhlasnya,” lanjutnya.

Dia menjelaskan jika padang rumput di tempat ini berwarna kekuningan ataupun hijau, bergantung dengan musim.

Ketika musim kemarau, Yasa menjelaskan hamparan padang rumput kuning menawarkan suasana seperti di Afrika. Sebaliknya, saat musim hujan pemandangan tidak kalah eksotis dengan rumput yang menghijau. Biasanya dimulai dari bulan Februari hingga Juli.

Yasa menambahkan, wisatawan bisa mendapatkan foto bagus di sini kapan saja, baik saat musim hujan atau kemarau.

Lokasi Savana Tianyar berada di wilayah Desa Tianyar di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Dari Kota Denpasar, waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 2,5 jam dengna jarak mencapai 77 km. Sementara itu, jarak dari pusat Kota Amlapura, kurang lebih 40 km.

Tempat wisata ini juga berada tak jauh dari destinasi wisata populer lain di Karangasem. Destinasi terkenal yang dapat Anda kunjungi berada tak jauh dari Pantai Amed, Pantai Jemeluk, serta deretan pantai indah lain di Karangasem.

Selain bisa mendapatkan foto instagramable cantik di Savanah Tianyar, wisatawan juga dapat pula menjelajahi tempat-tempat menarik lainnya di Karangasem.

Program ini didukung oleh, Kemenparekraf, BPD Bali, Astra Isuzu, Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banuspa, Pertamina Region Jatimbalinus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper