Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tabanan Perkuat Pengembangan Ekonomi Hijau, Wisata Berbasis Lingkungan

Bupati Tabahanan dorong penggunaan produk lokal petani dan menyediakan pasar bagi produk petani.
Subak di Bali./kemdikbud
Subak di Bali./kemdikbud

Bisnis.com, TABANAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Bali, berkomitmen memperkuat pengembangan wisata alam berbasis lingkungan (ekonomi hijau), seperti Desa Wisata yang dibangun dengan konsep Green Development Integrated Farming Tourism.

"Hal itu bertujuan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, sehingga menciptakan pembangunan hijau berbasis pertanian yang menjadi modal dasar dan nafas dari Kabupaten Tabanan," kata Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam keterangan pers yang diterima di Tabanan, Kamis (23/7/2020).

Saat menjadi salah satu narasumber dalam temu wicara virtual yang diprakarsai oleh Global Green Growth Institute (GGGI) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada 22 Juli itu, ia menjelaskan masa depan hanya milik mereka yang berinvestasi pada bisnis berkelanjutan.

"Untuk itu kami membuat kebijakan yang mengatur dari hulu hingga hilir, yang melindungi dan memberdayakan petani. Kami utamakan penggunaan produk lokal petani kami dan kami menyediakan pasar bagi produk petani kami," ujarnya dalam acara yang bertajuk "Membangun daerah yang maju dan berketahanan" itu.

Dalam acara yang diikuti Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani itu, Bupati mengatakan para wisatawan rela membayar lebih untuk berjalan-jalan menikmati keindahan persawahan di Tabanan.

"Hal ini membuktikan bahwa pertanian dan persawahan memiliki potensi wisata yang dapat membantu ketahanan ekonomi dan keamanan pangan," katanya dalam acara yang disiarkan secara langsung di Youtibe LAN RI, TV Tempo, dan Youtube GGGI Indonesia itu.

Sementara itu Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong mengaku gerakan ekonomi hijau atau pembangunan ekonomi yang memperhatikan lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan merupakan visi Indonesia untuk masa kini dan masa yang akan datang.

"Indonesia akan dan sedang menuju pembangunan rendah karbon dan rendah emisi. Gerakan ekonomi hijau merupakan upaya konkret mendorong pengurangan deforestasi yang manfaatnya akan dirasakan pada skala nasional dan global," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper