Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Bali Siaga Gangguan Listrik Akibat Layangan

Masyarakat diimbau untuk tidak bermain di dekat jaringan listrik, karena selain berbahaya bagi diri sendiri, ini juga bisa menyebabkan pemadaman listrik.
Layang-layang bisa menganggu jaringan listrik./Antara
Layang-layang bisa menganggu jaringan listrik./Antara

Bisnis.com, DENPASAR - General Manager Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Distribusi (PLN UID) Bali, Adi Priyatno mengatakan selalu sigap dalam mengantisipasi gangguan pemadaman listrik, seperti pekan lalu terjadi mendadak listrik padam akibat tertimpa layang-layang berukuran besar.

"Kami selalu siap siaga mengantisipasi terjadinya gangguan kelistrikan, seperti yang terjadi baru-baru ini sebuah layang-layang berukuran besar menimpa gardu induk Pesanggaran, sehingga listrik padam wilayah Kuta, Kecamatan Denpasar Selatan, dan Denpasar Timur," kata Adi Priyatno di Denpasar, Selasa (21/7/2020).

Adi Priyatno mengatakan petugas PLN dengan sigap atasi gangguan listrik karena layang-layang tersebut, dengan memindahkan pasokan listrik (manuver) dari GI pemecutan, GI Sanur, GI Bandara dan GI Nusa Dua. Kejadian tersebut, sempat mengakibatkan padam selama 23 menit.

"Ketika terjadi gangguan pada saat itu petugas kami segera ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan perbaikan. Kami lakukan manuver jaringan dari GI pemecutan, GI Sanur, GI Bandara dan GI Nusa Dua. prosesnya 23 menit listrik Kembali menyala," katanya.

Ia mengatakan, khusus wilayah strategis nasional seperti Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, saat terjadi gangguan tidak mengalami pemadaman karena telah dipasang "fast automatic transfer switch" yang memindahkan sumber pasokan listrik dari satu jaringan ke jaringan lain jika terjadi gangguan.

"Bandara karena termasuk obyek vital nasional tidak padam, kami sudah siapkan beberapa sumber jaringan sehingga ketika satu jaringan mengalami gangguan, bisa dialirkan oleh jaringan yang lain," ujarnya.

Adi Priyato menjelaskan Hingga bulan Juli tercatat sudah 74 kali padam terjadi di sekitar wilayah Bali yang disebabkan oleh gangguan layang-layang. PLN pun telah bekerja sama dengan Gubernur, Kapolda, Pangdam, Majelis Desa Adat Bali, dan tokoh masyarakat juga telah melakukan sosialisasi untuk mengimbau masyarakat tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik.

Selain itu, PLN mengingatkan masyarakat yang bermain layang-layang agar memastikan layangan tidak jatuh menimpa jaringan listrik, serta tidak mengambil sendiri layangan yang tersangkut di jaringan listrik karena sangat berbahaya.

"Kami imbau masyarakat untuk tidak bermain di dekat jaringan listrik, karena selain berbahaya bagi diri sendiri, ini juga bisa menyebabkan pemadaman listrik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler