Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bayi 3 Bulan & Anak 6 Tahun di NTB Positif Covid-19

Jumlah pasien positif virus coprona baru Covid-19 di Nusa Tenggara Barat hingga Sabtu (2/5/2020) bertambah 17 orang menjadi 250 orang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Mei 2020  |  19:58 WIB
Ilustrasi penanganan pasien virus corona. - Antara
Ilustrasi penanganan pasien virus corona. - Antara

Bisnis.com, MATARAM – Jumlah pasien positif virus coprona baru Covid-19 di Nusa Tenggara Barat hingga Sabtu (2/5/2020) bertambah 17 orang, termasuk seorang bayi berusia 3 bulan sehingga secara keseluruhan jumlah kasus positif menjadi 250 orang.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan di Laboratorium RSUD Provinsi NTB dan Laboratorium Genetik Sumbawa Technopark dari 148 sampel swab, 119 sampel negatif, 9 sampel positif kedua, dan 17 sampel kasus baru," kata Sekda Provinsi Nusa Tenggara Barat yang juga Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 NTB, Lalu Gita Ariadi.

Sekda menjelaskan dari 17 kasus baru positif Covid-19 itu, tujuh orang berasal dari Kota Mataram, enam warga Dompu, dan empat warga Sumbawa. Di antara pasien positif itu, terdapat bayi laki-laki berusia 3 bulan.

Pasien dengan nomor 234 ini merupakan warga Kelurahan Ampenan Utara, Kota Mataram. Bayi ini memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19 nomor 106 dan nomor 181.

Tak hanya itu, ungkap Sekda, terdapat juga anak perempuan berusia 6 tahun yang juga warga Kelurahan Ampenan Utara, Kota Mataram. Pasien dengan nomor 235 ini memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19 nomor 106 dan nomor 181.

"Saat ini keduanya dirawat di Ruang Isolasi RSUD Kota Mataram dengan kondisi baik," ujarnya.

Di samping itu, kata Sekda, di antara pasien baru positif Covid-19 itu, enam orang dari Dompu memiliki riwayat pernah melakukan perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan, untuk sebuah acara keagamaan. "Saat ini mereka menjalani karantina terpusat di Kabupaten Dompu dengan kondisi baik," kata Gita Ariadi.

Selain pasien baru positif, terdapat empat orang warga NTB yang dinyatakan sembuh setelah pemeriksaan laboratorium swab dua kali dan keduanya negatif. Keempat orang itu, pasien nomor 23 inisial M, 51 tahun, perempuan warga Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Ampenan.

Selanjutnya, pasien nomor 103, RM, 29 ntahun, perempuan Kelurahan Pejarakan Karya. Kemudian, pasien nomor 106, inisial MZ, 42 tahun, laki-laki warga Kelurahan Dayan Peken, Kecamatan Ampenan dan pasien nomor 227 inisial I, 62 tahun, laki-laki, warga Plembak, Ampenan.

"Dengan adanya tambahan 17 kasus baru terkonfirmasi positif, 4 tambahan sembuh dan tidak ada kematian baru, jumlah pasien positif Covid-19 di NTB sampai hari ini 250 orang, dengan perincian 36 orang sudah sembuh, 4 meninggal, serta 210 orang masih positif dan dalam keadaan baik," tuturnya.

Untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, kata Sekda NTB, petugas kesehatan tetap melakukan penelusuran terhadap semua orang yang pernah kontak dengan mereka yang positif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ntb Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top