Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanah Lot Optimistis Bisa Gaet 3 Juta Wisatawan

Objek wisata Tanah Lot, Tabanan optimistis dapat mendatangkan 3 juta kunjungan wisatawan pada 2020.
Wisatawan sedang mengabadikan Daya Tarik Wisata Tanah Lot, Bali./Bisnis-Feri Kristianto
Wisatawan sedang mengabadikan Daya Tarik Wisata Tanah Lot, Bali./Bisnis-Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR - Objek wisata Tanah Lot, Tabanan optimistis dapat mendatangkan 3 juta kunjungan wisatawan pada 2020 di tengah menurunnya wisman Tiongkok.

Manajer Operasional DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana mengatakan pihaknya tetap optimis bisa mencapai angka 3 juta kunjungan.

"Kita optimis aja lah, tetap berusaha maksimal menggaet wisman selain China dan domestik," tulisnya melalui aplikasi percakapan, Sabtu (22/2/2020) siang.

Selain kunjungan, pendapatan objek wisata Tanah Lot juga diupayakan naik 5 persen.

"Iya naik 5 persen dari tahun sebelumnya yang berkisar Rp77 Miliar. Angka pastinya maaf kami belum bisa share," jelasnya.

Di tengah ketidakpastian ini, pihaknya juga berupaya melakukan promosi dengan menggelar Festival Tanah Lot Art & Food Festival #3 pada Maret mendatang.

Selain untuk tetap mempromosikan dan menarik kunjungan, tambah dia, Festival ini juga sebagai bahan kenangan-kenangan buat wisatawan nantinya. Tidak tanggung-tanggung, timnya menargetkan 30.000 pengunjung dalam festival tiga hari itu.

"Melihat situasi kunjungan seperti saat ini. Mudah-mudahan nanti cepat normal kembali," katanya.

Objek wisata Tanah Lot mendapat imbas virus Corona dengan mencatat penurunan kunjungan wisatawan sebesar 40 persen.

Biasanya dalam sehari Objek wisata Tanah Lot dikunjungi 7.000-8.000 wisatawan. Tapi sejak mewabahnya virus Corona dan ditutupnya penerbangan dari dan ke China, kunjungan menjadi 5.000-6000 per hari.

Di tengah penurunan kunjungan, manajemen Daerah Tujuan Wisata juga berencana menaikkan harga tarif masuk dengan tujuan menambah pendapatan daerah Tabanan. Namun, hal itu hingga kini masih ditunda dan belum diputuskan kapan dinaikkan.

Pada 2019 lalu, tercatat total kunjungan wisatawan ke Tanah Lot mencapai 2.797.126 orang yang terdiri atas wisatawan domestik 46 persen dan mancanegara 54 persen. Dengan laba bersih Rp77 miliar.

Rencananya, tarif masuk ke objek wisata Tanah Lot, untuk domestik dari anak Rp15.000 menjadi Rp20.000, dewasa Rp20.000 menjadi Rp40.000. Sementara untuk wisman anak Rp30.000 jadi Rp50.000 dan dewasa Rp60.000 jadi Rp75.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Busrah Ardans
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler