Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grab Ramaikan Bandara I Gusti Ngurah Rai

Perusahaan aplikasi terkemuka di Asia Tenggara Grab, melalui kemitraan strategis dengan Angkasa Pura 1 menghadirkan layanan GrabCar Airport di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.
General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry A.Y. Sikado (kanan) saat menerima plakat  dari Tri Sukma Anreianno, Head of Public Affairs, Grab Indonesia (kiri), dalam acara peresmian layanan GrabCar Airport di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kamis, (23/1/2020).
General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry A.Y. Sikado (kanan) saat menerima plakat dari Tri Sukma Anreianno, Head of Public Affairs, Grab Indonesia (kiri), dalam acara peresmian layanan GrabCar Airport di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kamis, (23/1/2020).

Bisnis.com, DENPASAR--Perusahaan aplikasi terkemuka di Asia Tenggara Grab, melalui kemitraan strategis dengan Angkasa Pura 1 menghadirkan layanan GrabCar Airport di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Peluncuran ini diharapkan dapat semakin memudahkan mobilitas wisatawan baik dalam maupun luar negeri berkat tersedianya pilihan transportasi yang aman dan nyaman dari bandara menuju berbagai destinasi di Pulau Dewata. 

Untuk mendukung ketersediaan armada layanan roda empat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Grab menjalin kemitraan dengan lima operator taksi resmi bandara yang merupakan armada anggota koperasi atau badan usaha yang sebelumnya telah terdaftar sebagai mitra kerja PT Angkasa Pura I (Persero).

Diantaranya koperasi Trans Tuban, Sapta Pesona, Loh Jinawi, Bali Segara, dan Koperasi Karyawan Angkasa Pura I (Kokapura). Adapun mitra atau driver yang mengoperasikan armada transportasi darat tersebut berasal dari desa adat penyangga bandar udara, yaitu Desa Adat Tuban, Kelan, dan Kuta. Mereka telah menjalani pelatihan sebagai mitra pengemudi GrabCar sesuai standar keselamatan dan keamanan Grab.

Tri Sukma Anreianno, Head of Public Affairs, Grab Indonesia mengatakan, pihaknya sangat gembira dengan terwujudnya kemitraan strategis ini.

Kepercayaan serta dukungan Angkasa Pura I mengokohkan peran Grab dalam mendukung kemajuan industri pariwisata tanah air. 

"Hadirnya Grab sebagai satu-satunya perusahaan ride-hailing yang resmi beroperasi di Bandara Internasional Ngurah Rai lewat layanan GrabCar Airport, diharapkan agar wisatawan maupun masyarakat Bali kini semakin mudah mengakses layanan transportasi bandara yang aman dan nyaman," kata Tri Sukma Anreianno di sela-sela Peresmian Layanan GrabCar Airport di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kamis (23/1/2020).

Begitu pula dengan berdampingannya Grab dengan para koperasi taksi bandara diharapkan akan meningkatkan pendapatan para mitra pengemudi yang juga anggota koperasi.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado mengatakan layanan ini dihadirkan untuk menjawab perkembangan teknologi. 

“Layanan yang merupakan hasil kerja sama antara PT Angkasa Pura I (Persero) dengan Grab ini kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan akan suatu moda transportasi darat yang mudah diakses melalui penggunaan teknologi informasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, ditunjuknya Grab sebagai perusahaan penyedia aplikasi pemesanan transportasi darat berbasis teknologi ini merupakan hasil dari proses panjang seleksi komersial yang melibatkan berbagai perusahaan sejenis. 

Tentunya, dapat saya tegaskan bahwa proses seleksi telah dilaksanakan secara transparan, terbuka, dan akuntabel. Dengan aplikasi ini, pengguna jasa bandar udara juga turut menikmati layanan transportasi darat yang memberikan harga layanan yang bersaing, serta transparan,” jelasnya.

Ditunjuknya Grab sebagai perusahaan penyedia layanan pemesanan transportasi darat berbasis aplikasi ini merupakan hasil seleksi mitra usaha yang dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. 

Proses seleksi dimulai dari pengumuman pembukaan seleksi yang dilakukan melalui publikasi di berbagai media lokal dan nasional per tanggal 19 September 2019 silam. Proses pendaftaran pun dilakukan secara online melalui website resmi www.transport.baliairportselection.com. 

Sebelum dilakukan peresmian pada hari ini, layanan Grab Airport telah beroperasi setelah dilakukan soft launching pada Jumat, 10 Januari lalu.

Layanan Grab Airport ini merupakan komitmen manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap seluruh pengguna jasa bandar udara, dalam hal ini adalah dalam layanan transportasi darat penghubung bandar udara, serta memberikan alternatif di samping moda transportasi darat berbasis angkutan sewa khusus non-aplikasi. 

Melalui layanan ini pula, manajemen perusahaan pengelola bandar udara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah bagi armada penyedia layanan transportasi darat. 

Kemitraan resmi dengan Angkasa Pura I, Grab juga menyediakan fasilitas Grab Lounge yang ditujukan sebagai meeting point antara penumpang dan mitra pengemudi GrabCar di Terminal Kedatangan Domestik dan Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 

Para penumpang dapat menunggu dengan nyaman sekaligus menikmati fasilitas Grab Lounge berupa outlet pengisian daya listrik dan bantuan dari para staf operasional transportasi Grab.

Cara pemesanan GrabCar Airport Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali sangat mudah. Para pelanggan yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dapat memesan layanan GrabCar Airport lewat aplikasi Grab. 

Setelah mengonfirmasi titik penjemputan dan tujuan, penumpang dapat langsung menuju ke Grab Lounge yang terletak di Terminal Kedatangan Domestik dan Terminal Kedatangan Internasional dan menunggu mitra pengemudi GrabCar Airport untuk menjemput. Jika penumpang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai layanan GrabCar Airport, staf operasional transportasi Grab siap membantu mereka di Grab Lounge. 

Adapun berbagai manfaat bagi pengunjung dan pengguna GrabCar Airport yakni Titik jemput resmi di Grab Lounge: Saat mendarat, pengunjung dapat bertemu dengan mitra pengemudi GrabCar di titik jemput resmi di Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan mudah.

Pengunjung cukup memesan layanan GrabCar Airport langsung dari aplikasi Grab dan menunggu mitra pengemudi menjemput di Grab Lounge.

Kemudian, kepastian tarif di mana pengunjung dapat menikmati kepastian tarif lewat layanan GrabCar Airport yang sudah disetujui dari awal pemesanan dan biaya yang terjangkau. 

Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara GrabCar Airport, Grab telah meluncurkan lima (5) fitur keamanan bagi pengguna dan mitra pengemudi termasuk panggilan gratis untuk berkomunikasi dengan mitra pengemudi berkat teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP); tombol darurat (SOS Button); Verifikasi Wajah Penumpang dan Mitra Pengemudi untuk mengetahui identitas pengguna aplikasi melalui swafoto; bagikan perjalanan Anda (share my ride) yang akan memudahkan kerabat Anda memantau perjalanan Anda secara real-time.

Juga GrabRewards: Pelanggan akan mendapatkan poin GrabRewards untuk setiap transaksi non-tunai yang dilakukan di aplikasi Grab dan dapat menukarkannya dengan berbagai produk yang dapat dilihat di aplikasi Grab.

Bandara Internasional Ngurah Rai sendiri, telah menjadi bandara ke-23 di Indonesia yang didukung oleh layanan GrabCar Airport, di mana sebelumnya layanan roda empat tersebut telah hadir di 22 bandara berbagai kota di Indonesia.

Seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma, Jakarta; Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung; Bandara Internasional Kualanamu, Medan; Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang; serta Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. Ke depannya, Grab akan terus mengembangkan jangkauan layanannya ke lebih banyak bandara lain di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Busrah Ardans
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper