Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gubernur Bali Incar Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen

Gubernur Bali Wayan Koster menargetkan pertumbuhan ekonomi Bali mencapai 6 persen di 2020 didorong optimisme pertumbuhan tahun 2019 yang berada di atas rata-rata nasional.
Busrah Ardans
Busrah Ardans - Bisnis.com 09 Januari 2020  |  09:17 WIB
Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bali Trisno Nugroho (kanan) dan Gubernur Bali Wayan Koster (kiri) sedang bercengkrama di sela-sela acaraSimakramadengan BI dan OJK, Rabu (8/1 - 2020).
Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bali Trisno Nugroho (kanan) dan Gubernur Bali Wayan Koster (kiri) sedang bercengkrama di sela-sela acaraSimakramadengan BI dan OJK, Rabu (8/1 - 2020).

Bisnis.com, DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster menargetkan pertumbuhan ekonomi Bali mencapai 6 persen di 2020 didorong optimisme pertumbuhan tahun 2019 yang berada di atas rata-rata nasional.

"Saya ingin di 2020 pertumbuhan ekonomi Bali mencapai 6 persen, semoga lebih progresif," kata dia dalam Simakrama dengan BI dan OJK, Rabu (8/1/2020).

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah untuk memperkuat fundamental perekonomian Bali serta mendorong kemajuan pembangunan di segala bidang.

Diantaranya dengan penguatan sentra pangan, peningkatan kualitas ekspor, serta memperkuat pertanian tradisional Bali, seperti pertanian buah manggis, pisang, kakao, olahan kopi serta  arak Bali.

“Ekspor manggis kita sudah nomor satu, pertanian tradisional lainnya akan terus kita dorong dan dipetakan dengan baik. Dengan demikian perekonomian Bali akan semakin kuat, didukung sektor pertanian serta sektor pariwisata. Saya ingin di 2020 pertumbuhan ekonomi Bali mencapai 6 persen," terangnya.

Dirinya juga tengah mendesain pelaksanaan event tematik dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan festival tingkat international di Bali. Di antaranya Festival Kopi International serta Festival Budaya Dunia.

Gubernur juga akan memperkuat pembangunan dan perbaikan infrastruktur darat, laut dan udara secara terintegrasi akan terus dilanjutkan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan bahwa target pertumbuhan ekonomi 2020 masih dalam proyeksi-nya.

Proyeksi BI,  kata dia, Bali masih bisa tumbuh di angka 5,8 persen sampai 6,1 persen. Dia meyakini, 2020 ini, kondisi ekonomi Bali akan lebih baik dibanding 2019.

"Perekonomian Bali 2019 akan disampaikan BPS awal Februari nanti, angkanya di kisaran 5,4 persen sampai 5,7 persen. Tahun ini saya rasa cukup baik nanti. Soalnya tahun lalu yang cukup berat yang mana adanya Pemilu dan bencana alam saja masih bisa kita lewati. Jadi saya pikir akan lebih baik di 2020," kata dia meyakini.

Meski begitu, sinergi berbagai pihak diperlukan dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi Bali, seperti peningkatan investasi, mendorong tingkat konsumsi, mendorong sektor pertanian, perbaikan infrastruktur.

Sebagaimana penguatan sektor pertanian, dia juga menekankan agar Kabupaten Kota di Bali harus mampu menghasilkan komoditas pangan yang menjadi fundamental ekonomi Bali.

Apalagi, Bali masih mengimpor bahan makanan dari Jawa Timur, NTB, mulai beras, bunga, cabai merah dan lainnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top